Tempat Resep Masakan

Rabu, 05 November 2014

Resep Cara Membuat Cimol Empuk

Resep Cara Membuat Cimol Empuk - Tahu nggak sih apa itu cimol? Saya yakin banget aklo bagi warga Bandung udah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Jika dalam resep sebelumnya kita juga sama membahas tentang resep makanan ringan dari bandung yaitu Resep Cara Membuat Cireng Bandung, maka pada kesempatan kali ini pun hampir sama, karena kedua makanan ini terbuat dari tepung kanji, hanya saja dalam cimol tidak menggunakan isi didalamnya, namun hanya seasoning seperti bubuk balado, dan lain sebagainya.

Resep Cara Membuat Cimol Empuk

Cimol ini banyak sekali dijual oleh pedagang keliling, dan terutama sasarannya adalah anak-anak kecil yang sangat suka dengan makanan ringan seperti ini. Bentuknya yang bulat dengan aneka macam bubuk taburan membuat cimol ini lebih memikat. Mungkin di daerah bunda ada makanan yang seperti cimol ini namun dengan istilah atau sebutan yang berbeda. Supaya tau letak perbedaannya pada bahan apa saja yang digunakan, yuuk langsung aja kita simak resep berikut ini.

Resep Membuat Cimol Empuk

Bahan:
  • Tepung beras 18 sendok makan, diayak terlebih dahulu
  • Tepung kanji 1,8 kg
  • Baking soda 5 sendok teh
  • Tepung terigu 12 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Air 1,4 liter untuk merebus
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cimol Empuk

  1. Siapakn wadah atau baskom untuk membuat adonan.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, garam, dan merica secukupnya kemudian aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk terus supaya rata.
  4. Jika adonan menjadi agak kenyal, selanjutnya tambahkan baking soda dan aduk lagi hingga rata.
  5. Jika semua bahan sudah rata, ambil sedikit adonan di tangan kemudian bulatkan. Atau bunda juga bisa membuatnya dalam berbagai bentuk yang menarik supaya anak-anak suka.
  6. Setelah itu siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng kemudian goreng adonan cimol sampai matang.
  7. Jika sudah matang angkat kemudian tiriskan.
  8. Setelah itu sajikan dalam piring atau wadah yang lain kemudian tambahkan dengan bubuk taburan seperti rasa balado atau lainnya.
Nah itulah resep cimol yang sudah saya bagikan.. Biar nggak penasaran dengan resep kali ini, nggak ada salahnya kalo bunda langsung cobain di rumah. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cimol ini saya yakin sudah tersedia di toko atau pasar terdekat rumah bunda. Jadi nggak usah khawatir cari bahannya. Dengan bunda membuat cimol sendiri di rumah anak-anak nggak perlu lagi beli di luaran sana, sehingga kualitas bahan dan kesehatan anak anda akan terjamin.

Resep Cara Membuat Cimol Empuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown