Tempat Resep Masakan

Selasa, 17 Maret 2015

Resep Kue Carabikang Empuk dan Lembut

Resep Kue Carabikang Empuk dan Lembut - Kue carabikang adalahs alah satu jajanan tradisional atau lebih tepatnya termasuk jenis kue basah yang hingga kini masih banyak digemari. Kue carabikang terbuat dari adonan yang mana bahan utamanya adalah tepung beras dan tepung terigu kemudian dicetak dalam cetakan khusus kue carabikang. Tekstur yang dihasilkan dari kue carabikang ini empuk dan lembut, tak heran kalau kue yang satu ini laris di pasaran.


Yang lebih unik lagi dari kue carabikang adalah ketika sudah matang atau sudah jadi, diolesi menggunakan olesan khusus yang terbuat dari santan. Jadi citarasa dari kue carabikang ini semakin nikmat dan tentunya membuat lidah anda menjadi ketagihan. Kue carabikang bisa dinikmati dengan aneka minuman hangat maupun dingin, serta bisa dikonsumsi kapan pun dan dimana pun. Yuk langsung kita lihat aja resepnya ya,

Resep Kue Carabikang

Bahan biang:
  • Santan 300 ml
  • Tepung beras 4 sendok makan
Bahan:
  • Tepung beras 700 gram
  • Gula pasir 300 gram
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Santan 1400 ml
  • Garam 1 1/2 sendok teh
  • Pewarna hijau 8 tetes
  • Pewarna merah 8 tetes
Bahan olesan:
  • Satan 300 ml, didihkan

Cara Membuat Kue Carabikang

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuat biang terlebih dahulu dengan memasak santan dan tepung beras sambil diaduk hingga meletup-letup. Setelah itu angkat.
  2. Setelah itu campurkan tepung beras, gula pasir, tepung terigu dan garam. Lalu tuang bahan biang yang masih panas tadi kemudian aduk menggunakan sendok kayu.
  3. Setelah adonan dirasa agak hangat, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil dikocok selama 20 menit.
  4. Setelah itu ambil sekitar 4 sendok makan adonan untuk diberi pewarna merah lalu aduk lagi sampai rata.
  5. Kemudian ambil juga sekitar 4 sendok makan lagi kemudian beri pewarna hijau dan aduk kembali hingga rata.
  6. Selanjutnya panaskan cetakan carabikang dan beri parutan kelapa, sambil sesekali kelapa parut dalam cetakan diaduk-aduk.
  7. Kemudian keluarkan kelapa parut dari dalam cetakan, lalu cetakan diisi dengan adonan puith setinggi 3/4 cetakan. Kemudian oleskan adonan yang berwarna merah dan hijau.
  8. Tahap selanjutnya adalah panggang carabikang sampai berlubang-lubang kemudian cungkil bagian bawah dan tengah adonan. Tahan hingga carabikang merekah kemudian angkat.
  9. Setelah itu olesi permukaan kue dan bagian bawah kue carabikang dengan bahan olesan tersebut.
Pengen cobain resep kue yang lainnya? Ini diaa

Nah itu dia resep kue carabikang yang bisa saya bagikan untuk bunda di rumah, semoga bermanfaat dan berhasil untuk menyajikan kue basah yang banyak digemari oleh semua kalangan ini ya bunda.

Resep Kue Carabikang Empuk dan Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown