Tempat Resep Masakan

Minggu, 17 Mei 2015

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Cara Membuat Tape Ketan Hitam
Cara Membuat Tape Ketan Hitam - Banyak cara mengkreasikan beras ketan hitam menjadi makanan salah satunya tape ketan hitam yang nantinya di Sarah Quin akan dibagikan bagaimana cara membuat ketan hitam yang enak. Selain resep tape ketan hitam rasanya enak banyak juga manfaat lainnya yaitu untuk menstabilkan gizi pada tubuh karena dalam ketan hitam banyak mengandung vitamin yang dapat mengembalikan stamina. Ini dia cara membuat ketan hitam di Sarah Quin. 

Resep Tape Ketan Hitam

Bahan Tape Ketan
  • 1/2 kg beras ketan hitam
  • 4 sendok makan gula, kemudian haluskan bisa dengan cara di blander atau ditumbuk
  • 2 butir ragi, juga dihaluskan

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

  1. Cuci ketan dan buang kotoran yang ada pada butiran beras ketan.
  2. Siapkan wadah. Masukkan beras ketan dalam wadah kemudian beri air sampai menutupi beras ketan. Biarkan selama 10 sampai 12 jam. Hal tersebut dilakukan agar dapat lebih empuk dan mengembang saat menjadi nasi ketan.
  3. Cuci kembali kemudian kukus seperti cara mengukus nasi biasa. Setelah setengah matang angkat.
  4. Siapkan wadah. Bisa menggunakan nampan. Taruh beras ketan diatas nampan kemudian ratakan. Hal tersebut dilakukan agar nasi ketan setengah matang yang baru dipanaskan dapat dingin secara merata.
  5. Taburkan ragi yang sudah dihaluskan secara merata, tambahkan pula gula. Caranya sama seperti saat menaburkan ragi.
  6. Ambil ketan lagi kemudian lapiskan diatas ketan yang sudah diberi taburan gula dan ragi. Taburi kembali beras ketan dengan gula dan ragi secara merata seperti proses pertama.
  7. Tutup nampan lalu diamkan selama 3 hari.
  8. Tape tersebut siap dimakan atau bisa diolah lagi sesuai kreatifitas.
Resep Tape Ketan Hitam sudah bisa dipraktekkan dan  dinikmati oleh keluarga dirumah. Selamat mencoba resep cara membuat ketan hitam atau jika ingin mencoba resep unik lainnya bisa mencoba Cara Membuat Puding. Semoga Resep Tape ketan hitam di Sarah Quin dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown