Tempat Resep Masakan

Senin, 15 September 2014

Resep Cara Membuat Dadar Enten Isi Kelapa

Resep Cara Membuat Dadar Enten Manis
Dadar enten merupakan resep jajanan tradisional yang dari dahulu sampai sekarang masih sangat terkenal dalam dunia kuliner, khususnya kue basah. Dadar dengan cara membuat dari campuran bahan tepung yang kemudian diisi dengan enten yang berasal dari kelapa yang diparut dan dicampur gula merah ini banyak sekali kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Apalagi di toko yang khusus menjual kue basah, pasti anda akan menemukan dadar enten ini.

Dadar enten juga tak jarang kita temui pada acara-acara pesta seperti pernikahan maupun ulang tahun. Atau bahkan juga sering disajikan oleh ibu-ibu arisan di rumah ketika sedang ada acara di rumah mereka. Cara membuat dadar enten yang mudah serta bahannya yang tidak begitu rumit untuk didapat, merupakan alasan mengapa dadar enten ini banyak diminati oleh semua kalangan. Selain itu rasanya yang enak dan manis juga membuat kue tradisional ini diburu oleh masyarakat nusantara.

Resep Membuat Dadar Enten

Bahan Dadar:
  • Terigu Serbaguna 300 gram
  • Telur 2 butir, kocok lepas
  • Garam 1 sendok teh
  • Susu Cair 600 ml
  • Essens Pandan 2 sendok teh
  • Margarine 160 gram, dilelehkan
Bahan Isi (Enten):
  • Air 200 ml
  • Gula Merah 300 gram, disisir halus
  • Daun Pandan 2 lembar
  • Garam 1 sendok teh
  • Kelapa Parut 1 butir

Cara Membuat Dadar Enten

  1. Untuk membuat enten pertama yang harus dilakukan adalah sipkan wajan kemduian campurkan semua bahan enten yang telah disebutkan diatas, masak hingga gula merah mencair dan menyatu dengan kelapa. Aduk terus supaya tercampur rata. Masak hingga kelapa agak mengering lalu matikan api dan dinginkan enten.
  2. Untuk membuat bahan dadar yang harus dilakukan adalah mencampur semua bahan dadar yang ada, lalu dikocok menggunakan mixer hingga halus. Jika ingin adonan benar-benar lembut tanpa ada yang bergerinjil bisa disaring terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya ambil wajan teflon lalu ambil sekitar satu sendok sayur bahan dadar lalu bentangkan pada wajan teflon, usahakan dadarnya tipis supaya lebih memudahkan matangnya serta melipat.
  4. Isi dadar tersebut dengan enten yang sudah dimasak tadi kemudian lipat seperti amplop.
  5. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
Resep cara membuat dadar enten manis mudah bukan? Apalagi semua bahan dan cara udah dikasih tau mulai dari awal sampai akhir, tinggal praktekkin aja bun di rumah. Karena teksturnya yang lembut dari dadarnya, sangat cocok juga apabila dikonsumsi oleh anak-anak. Apalagi jika dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, pasti sangatlah banyak kandungan gizi yang ada didalamnya, dan tentunya baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada juga dadar yang lebih unik, coba resepnya di Resep Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa.

Resep Cara Membuat Dadar Enten Isi Kelapa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown