Tempat Resep Masakan

Selasa, 18 November 2014

Resep Cara Membuat ongol-Ongol Lembut

Resep Cara Membuat ongol-Ongol Lembut - Ongol-ongol adalah kue yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Kue dengan tekstur yang kenyal dan nikmat ini dibuat dengan bahan dasar tepung sagu, hunkwe, singkong dan juga ubi. Ongol-ongol termasuk salah satu makanan tradisional betawi yang sekarang sudah sangat jarang kita jumpai. Mungkin hanya satu dua pedagang saja yang menjualnya, karena memang seiring perkembangan jaman banyak sekali kue dengan varian-varian rasa yang baru.


Ongol-ongol ini disajikan dengan parutan kelapa diatasnya, apalagi kalo menyantapnya ditemani dengan Resep Cara Membuat Bajigur, udah lengkap deh pokoknya bunda. Pasi penasaran kan gimana sih cara membat ongol-ongol ini? Cara membuatnya nggak begitu sulit dan memakan banyak kok bun, cukup dengan kesabaran dalam membuatnya. Oh ya kalo saya biasanya menikmati ongol-ongol ini bersama anak-anak ketika mereka sedang pulang sekolah, karena lumayan bisa mengganjal perut sambil menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja.

Resep Membuat Ongol-Ongol

Bahan:
  • Tepung sagu 250 gram
  • Gula jawa 360 gram disisir halus
  • Kelapa parut 200 gram, kukus dahulu
  • Air bersih 700 ml
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat Ongol-Ongol

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan. Pertama campurkan tepung sagu dengan air secukupnya kemudian aduk hingga rata.
  2. Rebus sisa air dalam panci kemudian tambahkan gula jawa dan daun pandan rebus sampai mendidih sambil sesekali diaduk supaya rata, kemudian angkat.
  3. Setelah itu masukkan air campuran tepung kedalam rebusan air gula masak kembali diatas api kecil dan diaduk hingga mengental.
  4. Setelah kental tuang kedalam wadah adonan tadi, dan tunggu sampai dingin.
  5. Jika sudah dingin bisa langsung dipotong sesuai dengan selera kemudian sajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya.
  6. Ongol-ongol siap untuk disuguhkan.
Bisa langsung praktek membuat ongol-ongol kan bun setelah melihat resep Sarah Quin diatas? Saya yakin bagi anda pemula pun bisa untuk mencobanya di rumah. Dengan bahan dan peralatan yang tidak begitu sulit untuk dijumpai. Apalagi sekarang banyak sekali toko-toko yang yang menyediakan bahan dan peralatan memasak yang sesuai dengan kebutuhan bunda. Selamat mencoba ya bunda, semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat ongol-Ongol Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown