Tempat Resep Masakan

Sabtu, 01 Februari 2014

Resep Cara Membuat Khimci Korea

Resep Cara Membuat Khimci Korea
Resep Cara Membuat Khimci Korea - Selain China korea juga memiliki makanan unik yang sudah terkenal diseluruh penjuru dunia yaitu resep khimci. Pembuatan khimci menggunakan bahan utama sawi dan lobak. Cara buat khimci tidaklah sulit karena bahannya sangat mudah mudah ditemukan tak terkecuali di Indonesia.

Nantinya akan dijelaskan cara membuat khimci khas korea dimulai dari pengenalahan bahan pembuatan khimci. Yang unik dari asinan satu ini adalah proses fermentasi sehingga perlu sabar jika ingin melahapnya. Tak hanya itu perlu kesabaran ekstra guna mendapatkan rasa yang enak dan gurih.

Selain gurih khimci mempunyai cita rasa pedas jadi cocok sekali bagi penggemar makanan pedas. Namun tidak perlu khawatir bagi yang suka pedas karena bisa disiasati dengan jalan menurangi takaran bumbu. Rekomendasi di sarah quin asinan khimci bisa dimakan degan nasi goreng dan dapat pula dibuat sup khimci.

Resep Khimci

 Bahan
  • 1 buah Sawi putih
  • 2 sendok makan Garam
Bumbu
  • 2 siung Bawang putih, parut.
  • 2 buah Cabai, haluskan.
  • 1/2 sendok teh Gula
  • 1 sendok teh Cabai bubuk
  • 1 sendok makan perasan air jeruk lemon
  • 1/2 sendok teh Jahe parut
  • 1/2 sendok teh Kecap ikan

Cara Membuat Khimci Korea

  1. Pilah bagian bawah sawi/kuntum lalu pisahkan. Bersihkan setiap helai sawi dengan air yang mengalir. Lalu biarkan sampai sawi putih kering.
  2. taburkan dan oleskan garam ke setiap helai sawi putih. Diamkan sekitar 6 jam.
  3. Cuci sawi putih jika sudah 6 jam.
  4. Campurkan semua bumbu higga rata.
  5. Olesi bumbu disetiap helai sawi putih.
  6. Rendam kurang lebih 12 jam. Angkat.
  7. Khimci korea siap dihidangkan.
Sebenarnya khimci asli pada jaman dahulu tidak menggunakan cabai namun sesuai perkembangan jaman muncullah resep khimci korea menggunakan cabai. Catatan buku kuno tahun 1670 mengatakan bahwa resep khimci tidak menggunakan cabai sebagai bahan utama. Barulah pada masa-masa berikutnya negara lain mengenalkan cabai kekorea sehingga dikenallah cabai yang kemudian dipakai untuk bumbu khimci korea.


Menilik sejarah perkembangan khimci dikorea bahwa penggunaan sawi putih baru saja dimulai pada abad ke 19 karena masyarakat korea tidak tahu tentang sawi putih. Khimci pada jaman dahulu menggunakan sayuran asli korea. Seperti itulah cara mudah membuat khimci korea yang dapat anda buat sendiri dirumah.Semoga resep pembuatan khimci dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga dirumah.

Resep Cara Membuat Khimci Korea Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown