Tempat Resep Masakan

Sabtu, 15 Februari 2014

Resep Sosis Solo Enak

Resep Sosis Solo Enak - Ada resep makanan nikmat nih yang masuk dalam kategori camilan karena jenisnya hampir sama dengan camilan gorengan yaitu sosis solo. Sosis solo sangat nikmat karena didalamnya terdapat campuran ayam yang digabungkan dengan bumbu penyedap. Untuk mempermudah membuat resep sosis solo dapat mengikuti caranya di sarah quin. Jadi jangan kelewatan ya? jangan sampai daaah gak tu cara membuat sosis solo. Dijamin rugi gak mudeng resep sosis solo.

Banyak orang menyebut sosis adalah yang berbahan dasar daging sapi ataupun ayam yang biasanya dimakan anak-anak kecil namun sebenarnya ada sosis lain khas masyarakat Indonesia yaitu sosis solo. Resep sosis solo sangat berbeda dengan sosis lainnya karena memang terbuat dari berbagai macam olahan yang lebih rumit dibandingkan dengan sosis lainnya.

Resep Sosis Solo Enak

Dibilang rumit karena memang bahan sosis solo cukup banyak apalagi ada beberapa langkah dalam pembuatan sosis solo. Diantara alur pembuatan sosis solo yaitu kulit sosis solo, isi sosis solo dan langkah terakhir pemrosesan cara bikin sosis solo. Langsung saja ya dilihat bagaimana resep sosis solo dibuat.

Resep Sosis Solo Goreng

Bahan Kulit Sosis Solo
  • 5 telur ayam , ambil kuning nya saja
  • 1kg tepung terigu
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
Bahan Isi :
  • 3 bawang putih , haluskan
  • 1/4 kg daging ayam, potong kecil-kecil
  • 50ml santan kental
  • 3 daun salam
  • 1 sendok teh gula
  • 1 sendok teh garam
  • penyedap rasa rasa ayam
Cara Membuat Isi Sosis Solo
  1. Panaskan miyak, goreng bawang putih halus hingga berbau menyengat. Jika sudah tercium bau menyengat lalu masukkan daging ayam. Jika daging ayam sudah matang angkat. Ingat jangan terlalu garing, yang penting matang. Jangan lupa saat mengoreng sesekali diaduk ya!!
  2. Tuangkan santan kedalam gorengan daging ayam. Berbarengan dengan itu masukkan pula daun salam. Aduk aduk.
  3. Jika air hampir habis masukkan, gula, garam dan penyedap.
  4. Saat terlihat santan sudah tidak ada langsung saja angkat.

Cara Membuat Sosis Solo

  1. Anyak tepung terigu, singkirkan yang tak bisa lolos dari anyakan dan ambil yang bagian halus.
  2. campur tepung halus dengan air dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  3. Masukkan telur bersamaan dengan garam. Aduk hingga merata. Sekiranya masih terlalu kering tambahkan air.
  4. Siapkan penggorengan ukuran normal lalu tuangkan minyak goreng, ratakan ke bagian dalam penggorengan. Hal ini dilakukan agar adonan tepung tidak lengket.
  5. Ambil adonan secukupnya lalu ratakan (tipis) diatas penggorengan. Caranya dengan memutar-mutar penggorengan. Panaskan dengan api sedang.
  6. Angkat jika suda matang. Bisa dikatakan matang jika bagian pinggir mengelupas.
  7. Ulangi lagi adonan yang masih tersisa.
  8. Jika proses sosis solo sudah selesai siapkan isi sosis solo. Taruh kulit solo diatas media yang datar lalu bagian tengah beri isi sosis solo.
  9. Cara meggulung yaitu dengan menarik kulit sosis solo kekanan lalu balik kekiri, kekiri lalu kekanan teruskan tarik kebawah hingga membentuk seperti foto diatas.
  10. Tinggal digoreng deh.

Tips Membuat Sosis Solo Enak

Gunakan banyak minyak goreng agar penggorengan merata 
Pilihlah tepung yang masih bagus agar tidak berbau apek
Beli kulit sosis solo jika merasa kerepotan membuat, dipasar tradisional biasanya banyak diperjualbelikan.
Untuk menggoreng sosis solo sebenarnya bisa sampe kulitnya terlihat garing atau bisa juga setengah matang. Terpenting adalah saat pembuatan isi sosis solo ayamnya sudah benar-benar matang sehingga tanpa digoreng lagipun rasanya sudah nikmat. Sebenarnya sangat mudah bukan resep sosis solo? Ya memang mudahlah apalagi jika kulit sosis solo membeli. Terima kasih sudah berkunjung di sarah quin untuk melihat resep sosis solo goreng enak.

Resep Sosis Solo Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown