Tempat Resep Masakan

Rabu, 09 April 2014

Resep Sayur Bayam

Resep Sayur Bayam - Pada pertemuan sebelumnya sudah ada share tentang resep sayur asem dan kali ini akan ada sayur bayam. Biasanya yang suka dengan sayur bayam adalah anak kecil karena memang rasanya nikmat. Ibu-ibu saat anaknya sekitar umur 3,5 tahun mulai diperkenalkan dengan nasi dengan sayur bayam. Tentu ada alasannya yaitu karena kandungan sayur bayam sangat bergizi. Entar bakal dibahas bagaimana resep sayur bayam yang enak dan tips membuat sayur bayam yang benar.

Ngomong-ngomong masalah bayam jadi keinget jaman dulu saat ada film popeye. Alkisah popeye bisa kuat it karena makan bayam. Memang film kartun tersebut ada benarnya juga namun ya gak secepat itu, namanya juga film, jadi agak khayal itu biasa. Dari film tersebut sudah tergambar jelas bahwa bayam tak terkecuali sayur bayam, sangat bagus untuk kesehatan.

Resep Sayur Bayam
Sayur Bayam dengan berbagai campuran
Tapi denger-deger bayam tidak bagus buat orang tua, jadi yang sudah udzur perlu berhati-hati. Kebenaran pastinya juga kurang ngerti. Coba dah sista googling di internet, tau aja ketemu jawabannya. Jadi yang udah udzur difikir-fikir dulu kalau mau buat sayur bayam. Bagi yang masih muda, langsung dah belanja bahannya kemudian secept mungkin disikat didapur.

Resep Sayur Bayam

Bahan
  • 1 ikat Bayam
  • 1 buah Jagung Manis, pipil
Bumbu
  • 2 Cabai Merah, iris kasar
  • 2 Cabai Hijau, iris kasar
  • 2 Bawang Putih, iris tipis
  • 4 Bawang Merah, iris tipis
  • 1 sendok teh Gula Pasir
  • Garam, secukupnya
  • Penyedap rasa, secukupnya
  • 2 buah Tomat

Cara Membuat Sayur Bayam

  1. Rebus jagung manis menggunakan api sedang, sebentar saja.
  2. Masukkan cabai merah, cabai hijau, bawang putih dan bawang merah.
  3. Tunggu sampai jagung matang, namun jangan terlalu empuk.
  4. Tuangkan gula pasir, garam, penyedap rasa dan tomat. Aduk rata. Birkan kurang lebih 4 menit.
  5. Masukkan bayam sebetar saja, jangan terlalu empuk ya. Angkat.
 Coba resep bayam lainnya: Resep keripik bayam pedas

Tips Membuat Sayur Bayam

Pilih bayam yang masih segar, kalau bisa dari hasil menanam sendiri jadi masih sangat fresh.
Oh ya nanti saat merebus jangan sampai bayam terlalu lembek. Bisa-bisa makan bayam tanpa gizi. Solanya ni, bayam yang terlalu lama direbus sari vitamnnya bakal ikut luntur. Jadi masaknya jangan terlalu matang sayang.
Terus yang ketiga, saat bayam udah dingin jangan lagi direbus. Saya pernah lihat acara di TV yang membahas masalah bayam dan setau saya, bayam yang direbus lagi malah mengandung zat berbahanya.

Resep Sayur Bayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown