Tempat Resep Masakan

Minggu, 04 Mei 2014

Resep Empek Empek Palembang Asli

Resep Empek Empek Palembang Asli - Empek-empek memang jajanan potensial yang perlu di coba. Makanan ini berasal dari palembang, di daerah asalnya sana empek-empek sangatlah digemari. Di tempat lain banyak yang menyebut dengan nama mpekmpek. Bahkan sampai merakyatnya, empek-empek disantap saat pagi yaitu untuk sarapan. Memang bagi masayarakat luar palembang hal tersebut cenderung tabu namun begitulah rakyat sana mengekspresikan kedekatannya dengan empek-empek. Tak anyal resep empek-empek banyak dikuasai dan muncul beraneka ragam ke khasan. Jika ditanya cara bikin empek-empek saya yakin orang sana menganggap bukan hal yang tabu. Nantinya akan ada aneka resep empek-empek yaitu adaan, kapal selam dan kulit. Silahkan pilih yang sesuai dengan selera anda.

Contoh yang paling kongkrit adalah resep empek-empek kapal selam, isi telur, rasa ikan. Empek-empek ikan sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis contohnya ikan tengiri, pindang dll. Adapula yang hanya memakai telur dan campuran singkong. Kendati banyak resep empek-empek, cuka yang dipakai pada dasarnya sama. Soal rasa pedas dan manis tergantung cara membuat dan kesukaan lidah saja.

Cobain juga yuk:  Resep Cara Membuat Tekwan Palembang Enak

Sebelum membuat empek-empek aneka rasa mari kita terlebih dahulu membuat cukanya. Seperti dibilang tadi cuka untuk jenis empek-empek apapun bahan dan bumbunya tetap sama. Jadi saat membuat empek-empek apapun silahkan cocol dengan cuka ini. Cukanya dibuat agak kental dan psti rasanya lebih nikmat dibanding cuka yang diperjualbelikan.

Bahan Cuka
  • 2,5 ons Gula Merah
  • Air sebanyak 1/3 liter/300 cc Air
  • 5 Cabai rawit
  • 3 Cabai Merah Keriting
  • 8 Bawang Putih
  • 1 sdm Asam
  • 2 sdm Ebi, pilih yang kering lalu tumbuk halus
  • Garam, seperlunya
Cara Membuat Cuka
  1. Sebelum membuat cuka silahkan sesuaikan dulu bahan-bahannya. Contuhnya saja cabai, jika tidak suka pedas silahkan kurang cabai. Bagi yang suka pedas silahkan tambahkan cabai.
  2. Cara membuat cuka sangatlah mudah yaitu dengan mendidihkan semua bahan kecuali ebi lalu saring. Masukkan ebi saat sudah masak. Silahkan tambahkan mentimun jika suka.

Resep Empek Empek Adaan

Dari sekian banyaknya empek-empek asli palembang salah satu yang banyak diminati adalah empek-empek adaaan. Jenis ini cenderung lebih simple karena tidak memerlukan bahan utama lainnya kecuali daging ikan tegiri. Bandingkan saja dengan empek-empek kapal selam yang menggunakan telur sebagai isi ataupun empek-empek kulit dengan bahan utama kulit tengiri. Selain itu jenis paling banyak ditemukan di seluruh pelosok negeri.

Bahan
  • 1/2 kg fillet ikan tenggiri
  • 4 Bawang Putih, tumbuk halus
  • 2 Telur
  • 6 Daun Bawang, iris kasar
Bahan II
  • 2,5 ons Tepung Kanji
  • 1/2 sdt Gula
  • 200 ml Air, taruh air di dalam lemari es hingga dingin
  • Garam
Cara Membuat Empek-Empek Adaan
  1. Blender ikan sampai halus kasar. Setelah setengah halus masukkaan bawang putih dan telur. Blender terus namun jangan terlalu halus karena saat sudah menjadi empek-empek aromanya tidak akan terlalu terasa. (sebut saja adonan setengah jadi)
  2. Masukkan adonan setengah jadi kedalam wadah. Sekarang tuangkan pula semua bahan II kedalam wadah. Aduk terus menerus hingga adonan tercampur rata dan kalis. Ciri-ciri kalis yaitu saat anda menarik adonan tidak mudah putus.
  3. Bentuk empek-empek menjadi bulatan seukuran bola golf.
  4. Panaskan air lalu masukkan adonan empek-empek adaan yang sudah dibentuk. Angkat, tunggu hingga dingin.
  5. Panaskan minyak lalu goreng hingga matang kekuningan. Tiriskan.
  6. Belah empek-empek menjadi 4 bagian namun jangan sampai terpotong semua, sisakan sedikit agar tampilannya seindah gambar diatas.
  7. Hidangkan dengan cuka dan irisan mentimun jika suka.

Resep Empek-Empek Kapal Selam

Empek-empek yang ini namanya sangat unik seperti angkutan militer laut. Ya benar ini adalah empek-empek kapal selam. Bentuknya yang bulat pipih dan memanjang sangatlah pantas disebut sebagai empek-empek kapal selam. Hal unik dari empek-empek ini adalah ukurannya yang paling besar. Alasannya adalah bagian tengahnya diguanakan sebagai tempat 1 telur sehingga ruang yang digunakan harus lebar.

Bahan adonan pempek:
  • 12 ikan tengiri, dagingnya saja
  • 300 ml air, taruh air di dalam lemari es hingga dingin
  • 3/4 Garam
  • 4 Bawang Putih
  • 4,5 ons Tepung Sagu
  • 12 buah Telur
Cara Membuat Empek-Empek Kapal Selam
  1. Masukkan semua bahan ke dalam blander kecuali tepung sagu dan telur.
  2. Blander beberapa waktu hingga daging halus. Angkat. (sebut saja adonan setengah jadi)
  3. Taruh adonan setengah jai kedalam wadah. Tuangkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diiringi dengan mengaduk adonan. Aduk hingga benar-benar kalis. Ciri-ciri kalis yaitu saat anda menarik adonan tidak mudah putus. Jika sudah mengaduk terus namun tidak pulen juga silahkan tambahkan sedikit tepung. Aduk lagi hingga kalis.
  4. Bagi adonan menjadi 12 bagian sama.
  5. Ambil satu adonan lalu bentu setengah lingkaran membentuk bola yang tengahnya kosong, tujuannya adalah untuk tempat telur.Tuangkan 1 telur dilubang adonan setengah bola. Rapatkan bagian atas sampai telur benar-benar tidak bisa keluar. Sekarang pipihkan bagian pinggirnya hingga memebentuk seperti kapal selam. Lakukan cara ini hingga adonan habis.
  6. Panaskan air lalu masukkan adonan empek-empek kapal selam yang sudah dibentuk. Angkat, tunggu hingga dingin.
  7. Goreng emepek-empek kapal selam hingga matang kekuningan Angkat lalu tiriskan.
  8. Sajikan empek-empek kapal selam dengan cuka. Jika ingin lebih meresap cukanya silahkan iris tipis bagian atas empek-empek.

Resep Empek-Empek Kulit

Jika biasanya saat memakan empek-empek anda akan merasan keyal dan empuk maka beda lagi dengan empek-empek satu ini. Empek-empek kulit teksturnya lebih renyah da crispy. Selain itu rasa kulit ikkan tengiri menjadi ke khasan tersendiri yang menjadikannya empek-empek paling unik dari tekstur saat di makan. langsung saja yuk dilihat bagaimana proses cara membuat empek-empek kult. Yuk mari!

Bahan
  • 500 gram ikan tengiri (dagingnya saja)
  • 125 gram Kulit Tengiri
  • 50 gram Tepung Terigu
  • 250 gram Tepung Kanji
  • 50 ml Air, taruh air di dalam lemari es hingga dingin
  • 1/4 sendok teh Soda Kue
  • 1 sendok teh Garam
Cara Membuat Empek-Empek Kulit
  1. Blender ikan tengiri, jangan sampai terlalu halus, uasahakan masih terasa kasar.
  2. Blender kulit tegiri hingga halus.
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung kanji hingga merata. (sebut saja campuran tepung)
  4. Siapkan wadah, Masukkan semua bahan kecuali campuran tepung. Tuangkan campuran tepung secara perlahan sambil diaduk sampai semua bahan kalis.
  5. Sekarang bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil seukuran bola golf.
  6. Panaskan air lalu masukkan adonan empek-empek kulit yang sudah dibentuk. Angkat, tunggu hingga dingin.
  7. Goreng empek-empek hingga matang.
3 jenis resep empek-empek kulit sudah selesai diberikan teorinya. Sekarang giliran anda membuatnya dirumah. Pahami satu persatu  setiap langkahnya. Saya yakin lama-kelamaan minimal 3 kali membuat anda sudah terampil. Sekian resep empek-empeknya, untuk resep lainnya silahkan pilih sendiri sesuai minat lidah. Wasalam kawan!

Resep Empek Empek Palembang Asli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown