Tempat Resep Masakan

Sabtu, 15 November 2014

Resep Cara Membuat Kue Putu Lembut dan Manis

Resep Cara Membuat Kue Putu Lembut dan Manis  - Kue putu adalah jenis makanan yang berupa kue dengan isi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Setelah itu kue putu ini dikukus dalam tabung bambu yang sedikit agak dipadatkan. Yang menjadi khas dari kue putu ini adalah suara khas uap yang keluar dari alat suitan sekaligus menjadi ciri khas dar pedagang kue putu supaya pembeli tau.


Kue putu ini sangat terasa manis karena adanya gula merah yang ada didalamnya dengan taburan parutan kelapa diatasnya. Kue putu ini hampir sama dengan Resep Cara Membuat Klepon yang juga ada isi gula metah didalamnya serta parutan kelapa diatasnya. Hanya saja yang membedakan cara mengolahnya dan juga bentuknya. Kue putu ini mempunyai bentuk hampir menyerupai tabung sedangkan klepon mempunyai bentuk bulat.

Resep Membuat Kue Putu

Bahan:
  • Tepung beras kering 650 gram
  • Gula merah 250 gram, sisir halus
  • Air 600 ml
  • Garam 1 sendok teh
  • Daun pandan 4 lembar
  • Pewarna hijau 1 sendok teh
  • Kelapa parut 300 gram, kukus dan beri sedikit garam

Cara Membuat Kue Putu

  1. langkah pertaam rebus air bersama dengan garam, daun pandan dan juga pewrana hijau sampai mendidih kemudian angkat.
  2. Setelah itu siapkan tepung dalam wadah atau baskom kemudian tuangi dengan air rebusan tadi sedikit demi sedikit sambil sesekali diaduk dengan tangan sampai menjadi butiran-butiran yang lembut.
  3. Setelah itu ambil cawan dengan ukuran 30 ml kemudian tunagi 1 sendok makan adonan tepung lalu lubangi bagian tengahnya menggunakan jari telunjuk.
  4. Kemudian masukkan gula merah, dan tutup dengna 1 sendok makan adonan tepung namun jangan ditekan-tekan, usahakan sampai adonan jadi rata.
  5. Setelah itu balikkan cetakan yang berisi adonan diatas loyang datar yang sudah dialasi dengan daun pisang lalu angkat cetakannya.
  6. Selanjutnya kukus dengan api yang besar kurang lebih sekitar 10 menit angkat kemudian sajikan dengan parutan kelapa yang ditaburkan diatasnya.
Jangan lupa cobain buat resep berikut ini:

Kue putu siap untuk disajikan selagi hangat.. Tuh kan nggak ada yang sulit bunda setelah tau bahan dan cara membuatnya seperti apa. Kalo bunda pengen menyajikannya tinggal baca sekali lagi aja resep  ini dan jangan lupaa catet bahannya, trus cuusss aja deh pergi ke pasar. Kue putu ini sangat lembut di mulut apalagi perpaduan antara gula merah yang ada didalamnya dengan parutan kelapa sebagai bahan taburannya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Resep Cara Membuat Kue Putu Lembut dan Manis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown