Tempat Resep Masakan

Sabtu, 15 November 2014

Resep Cara Membuat Dodol Lembut

Resep Cara Membuat Dodol Lembut - Dodol merupakanan jajanan yang banyak kita jumpai di negeri kita sendiri, namun tak hanya di Indonesia dodol juga merupakan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Malaysia. Dodol merupakan perpaduan antara snatan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan juga garam. Biasanya dodol dijual dengan berbagai macam varian rasa, sehingga bisa menyesuaikan dengan selera para pecintanya.


Kalau di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dodol ini lebih dikenal dengan nama jenang. Perbedaannya jenang mempunyai tekstur yang agak lembek dibandingkan dengan dodol, lebih basah bemrinyak, dan umumnya dijual dengan bentuk lempengan. Nah, kalau dodol ini lebih kesat bunda, dengan potongan yang kecil sehingga memudahkan ketika memakan kemudian dibungkus dengan menggunakan plastik. Dan kini hampir seluruh masyarakat nusantara sudah mengenal makanan dengan tekstur yang lembut dan manis ini.

Resep Membuat Dodol

Bahan:
  • Beras ketan 2 kg
  • Gula merah 1,4 kg
  • Gula pasir 1,4 kg
  • Santan 2 1/2 liter
  • Daun Pandan 8 lembar

Cara Membuat Dodol 

  1. Pertama santan, gula pasir, gula merah, dan juga daun pandan dimasak sampai mendidih. Aduk terus supaya santan tidak pecah.
  2. Setelah mendidih dan semuanya tercampur rata kemudian saring lalu masak bersama dengan tepung beras ketan. Masak dengan api kecil dna sambil diaduk rata.
  3. masak sampai bahan-bahan diatas menjadi kental dan usahakan jangan sampai menempel pada wajan.
  4. Jika sudah kental dan matang angkat dari wajan kemudian dinginkan.
  5. Setelah itu potong dengan ukuran 2 cm x 1 cm x 3 cm kemudian bungkus dengan plastik.
  6. Dodol siap untuk disajikan.
Sebenarnya tidak sulit kok bun untuk menyajikan dodol ini sendiri, hanya saja butuh sedikit ketelatenan dan kesabaran dalam membuatnya. Sehingga dodol yang bunda hasilkan pun akan sesuai dengan rencana. Bunda bisa menyajikannya ketika ada berbagai macam acara di rumah atau disuguhkan kepada tamu, atau bahkan hanya untuk sekedar camilan sendiri di rumah. Dodol ini bisa juga lho bun dinikmati dengan es yang segar dai betawi yaitu Resep Cara Membuat Es Selendang Mayang. Simak aja yaa cara membuatnya di Sarah Quin.

Resep Cara Membuat Dodol Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown