Tempat Resep Masakan

Kamis, 23 April 2015

Cara Membuat Puding Ubi Ungu

Cara Membuat Puding Ubi Ungu - Puding merupakan sajian dissert yang cocok disemua kalangan usia, rasanya yang manis dan lembut membuat puding mendapat hati di semua lapisan masyarakat. Dengan rasanya yang beraneka ragam membuat sajian yang biasanya digunakan sebagai menu penutup ini banyak dicari oleh para bunda mengenai resep cara membuatnya. Tenang saja bun, bagi bunda dirumah yang penasaran dengan resep puding akan saya ulas dibawah ini nanti.


Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan memaparkan mengenai resep puding semua rasa bunda, berhubung kemarin di kulkas masih tersisa ubi ungu dan anak-anak minta dibuatin puding jadi langsung saja bikin puding ubi ungu dan resepnya akan saya bagikan buat para buntik. Lumayan kan kalau masih ada bahan yang tersisa kenapa nggak dimanfaatkan saja. Toh rasanya juga nyeeess banget di mulut bun.

Resep Puding Ubi Ungu

Bahan:
  • Agar-agar putih 1/2 bungkus
  • Susu cair 350 cc atau bisa diganti air
  • Vanilli 1/4 sendok teh
  • Garam dapur 1/4 sendok teh
  • Ubi ungu 1/2 ons, pilih yang sudah tua
  • Gula pasir 1/2 ons

Cara Membuat Puding Ubi Ungu

  1. Pertama kukus ubi ungu smapai matang dan lunak kemudian haluskan.
  2. Setelah itu didalam panci didihkan susu bersama dengan agar-agar, vanilli, gula, dan garam sambil diaduk-aduk dalam panci.
  3. Jika sudah tercampur rata, masukkan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi dan rebus kembali sampia benar-benar mendidih sambil diaduk rata.
  4. Sambil diaduk jangan lupa dicicipi bunda untuk memastikan apakah rasanya sudah manis atau belum, jika masih kurang bisa ditambahkan sedikit gula.
  5. Sebelumnya siapkan cetakan yang sudah dibasahi air matang kemudian tuang adonan kedalam cetakan.
  6. Setelah semua adonan dituang kedalam cetakan segera masukkan kedalam freezer agar membeku.
  7. Jika sudah beku puding bisa disajikan selagi masih dingin.
Oh ya bun kenapa cetakannya sebelum dituangi adonan harus dibasahi air terlebih dahulu? Ini fungsinya agar ketika puding sudah keras tidak terlalu sulit untuk dikelurakna dari cetakan, tentunya akan lebih memudahkan bunda semua dalam menyajikan. Nah mungkin sekian dulu ya bunda resep ubi ungu yang bisa saya sajikan untuk bunda di rumah. Langsung saja dipraktekkan dan semoga bermanfaat.

Cara Membuat Puding Ubi Ungu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown