Tempat Resep Masakan

Jumat, 02 Januari 2015

Resep Ikan Lele Sambal Jeruk Mudah

Resep Ikan Lele Sambal Jeruk Mudah - Pasti nggak asing kan dengan ikan yang mempunyai dua sungut ini? Yah, ikan lele adalah bahan dari menu masakan kita hari ini bun. Ikan lele ini bakalan diolah dengan sambal jeruk yang segar. Sehingga bau amis dari ikan akan sedikit hilang dengan sambal jeruk yang ada. Hmm... jadi laper kalo ngomongin soal ikan lele sambel jeruk. Apalagi kalo dimakan sama nasi anget-anget, huuhh nggak tahan langsung pengen nyantab deh bun..


Tapi tunggu dulu bunda, sebelum bunda mengolahnya di dapur tapi belum teralalu tahu bagaimana cara mengolahnya, mendingan kita simak resep Sarah Quin yang akan dibagikan kali ini. Supaya hasil masakan bunda enak maksimal. Kalau menurut saya ikan lele sambal jeruk ini pasling pas disajikan pas malem hari, karena pas malem keluarga semua kumpul sehingga kebersamaan lebih terasa. Udah nggak usah panjang-panjang lagi ya bun, langsung cuuss kita simak cara membuatnya berikut ini.

Resep Membuat Ikan Lele Sambal Jeruk

Bahan:
  • Ikan lele 2 ekor ukuran besar
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu:
  • Jeruk limau 2 buah
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Terasi udang 5 gram
  • Cabe rawit merah 20 gram
  • Cabe merah keriting 50 gram

Cara Membuat Ikan Lele Sambal Jeruk

  1. Ikan lele dibersihkan kemudian direndam dalam bumbu yang biasa bunda gunakan untuk merendam ikan, kurang lebih sekitar 1/2 jam.
  2. Setelah itu panaskan minyak goreng lalu goreng ikan lele sampai matang kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu tumbuk halus cabe merah, cabe rawit, terasi udang yang sudah digoreng, garam, serta gula pasir.
  4. Jika semua bumbu yang ditumbuk sudah benar-benar halus, selnajutnya diberi perasan jeruk limau yang sudah dibuang bijinya.
  5. Kemudian sajikan ikan lele yang sudah digoreng tadi diatas piring lalu taburi dengan sambal yang sudah ditumbuk tadi.
  6. Bisa juga ditambahkan dengan aneka lalapan seperti timun, kemangi, atau daun kol.
Ini nih referensi buat bunda yang serba lele :
Resep Pecel Lele Pedas Manis
Resep Sambal Pecel Lele

Ikan lele sambal jeruk sudah siap untuk disajikan dengan nasi hangat.. Mudah, murah, dan enaaak tentunya. Usahakan memilih ikan lele yang masih segar yaa bun ketika belanja di pasar, supaya ketika dihidangkan lebih fresh dan kandungan gizinya terjamin. Selamat mencoba.

Resep Ikan Lele Sambal Jeruk Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown