Tempat Resep Masakan

Minggu, 17 November 2013

Cara Membuat Rempeyek

Cara Membuat Rempeyek - Ada berbagai macam camilan yang sering di cari cara membuatnya dan kali ini akan dibagikan resep membuat rempeyek. Adapula tips agar makanan ini menjadi renyah dan gurih, karena itu anda perlu mengikuti alurnya secara sabar supanya rempeyek yang renyah bisa anda nikmati. Akan dibagikan satu cara agar rempenyek tidak mudah apek yaitu dengan memilih tepung beras yang baik. Cirin-cirinya bisa dilihat dari tampilannya yang masih putih bersih dan tidak bau apek. Langkah selanjutnya adalah dengan menganyaknya karena dengan ini anda bisa membuang kotoran yang ada pada tepung dan mensortir tepung yang lembut. Seperti itulah salah satu cara agar rempenyek enak dan nantinya akan dibagikan berbagai tips lainnya. Ini dia resep  dan cara membuat rempeyek yang mudah.

Resep Rempeyek

Nah sebelum membuat rempenyek anda perlu memperhatikan hal-hal berikut;
  1. seperti penjelasan diatas, pilihlah tepung beras yang masih bagus kemudian anyak.
  2. Untuk rempeyek kacang tanah belah dulu kacang menjadi dua bagian dan jangan buang kulitnya.
  3. Untuk rempenyek teri rendam dulu di air kurang lebih 20 menit. Kemudian belah teri menjadi 2 jika terlalu besar. Jika teri sudah kecil tidak perlu dibelah.
  4. Perhatikan apakah yang anda gunakan wajan anti lengket atau tidak karena juka lengket maka rempenyek bisa hancur saat dibalik
  5. Gunakan minyak goreng yang banyak sehingga dapat menutupi semua bagian rempenyek.
  6. Goreng rempenyek dengan api kecil
  7. Jika sudah matang tiriskan dulu di atas kertas tisu. Jika minyak sudah hilang taruh ke dalam tople
Setelah anda sudah mengerti mengenai cara membuat rempeyek yang benar maka langkah selanjutnya adalah praktek. Dan inilah proses pembuatnnya mulai dari bahan apa saja yang dibutuhkan lalu bagaiman proses pembuatannya.

Bahan
  • 1/2 kg tepung beras mawar2
  • 50 gram kacang tanah
  • 1 telur ayam, bisa menggunakan telur ayam kampung atau telur biasa
  • air secukupnya, yang terpenting nantinya adonan jangan terlalu kental atau encer
  • minyak secukupnya
Bumbu dihaluskan
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 2 sendok teh ketumbar
  • 3 daun jeruk
  • 1/2 bungkus royco
  • garam secukupnya

Cara Membuat Rempeyek

  1. Campur semua bahan kecuali kacang tanah dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai semua bahan merata.
  2. Masukkan kacang tanah dan aduk kembali.
  3. Panaskan minyak, ingat dengan ap kecil. Tuangkan adonan kedalam wajan menggunakan sendok sanyur. Tuangkan tipis. Tunggu sampai warnanya keemasan.

Seperti itualah ulasan mengenai resep cara membuat rempeyek yang bisa anda coba. Anda bisa mencoba resep lainnya seperti cara membuat kacang telur. Oh iya rempenyek kacang tanah sangat cocok dimakan dengan soto ayam atau soto lainnya. Terimakasih, semoga share di Sarah Quin ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Cara Membuat Rempeyek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown