Tempat Resep Masakan

Jumat, 14 Februari 2014

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Gula Jawa

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Gula Jawa - Ada banyak jenis bubur dari mulai yang berbahan dasar tepung sampai yang berbahan dasar kacang dan salah satunya adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau sering dibuat sebagai makanan pengiring saat bosan memakan nasi. Adapula rasa yang membuat kacang hijau menjadi manis legit adalah dari campuran gula jawa.

Kenikmatan legitnya gula jawa menjadikan bubur kacang hijau banyak diminati oleh para pecinta bubur khsusnya orang tua. Namun perlu anda tahu sesungguhnya anak kecil sangat membutuhkan bubur kacang hijau karena kandungan gizi yang ada pada kacang hijau. Dalam membuat kacang hijau menurut saya tak ada bahan yang membahanyakan, bahkan sangat bergizi.

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Gula Jawa


Ada yang mencengangkan mengenai kandungan gizi yang ada pada kacang hijau. Perlu anda ketahui walaupun harga kacang hijau sangat terjangkau namun kandungan gizi khususnya protein hampir 50% dari daging yaitu kacang hijau 3,16 gram dan daging 7 gram per ounce. Dari pada itu masih banyak keunggulan dari kacang hijau diantara lain mengurungangi laju pertumbuhan kanker khususnya kanker panyudara. Dari pada fungsinya untuk kesehatan tak heran lagi kacang hijau banyak digunakan untuk makanan kesehatan dibanding nasi.

Bagaimana apakah tertarik membuat bubur kacang hijau? Nah nantinya akan ada ulasan mengenai bagaimana resep bubur kacang hijau dibuat mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan, cara membuat bubur kacang hijau dan tips dalam membuat bubur kacang hijau yang nikmat. Ini dia caranya sahabat:

Resep Bubur Kacang Hijau Gula Jawa

Bahan
  • 1/4 kg kacang hijau
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 1/2 butir kelapa untuk 1/2 liter santan
  • 1 ons gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 1/2 ons gula jawa
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau
  1. Bersihkan kacang hijau
  2. Didihkan air. Masukkan kacang hijau saat air mendidih.
  3. Masukkan daun pandan
  4. Jika kacang hijau sudah setengah lunak masukkan gula pasir, gula jawa dan jahe.
  5. Tunggu sampai kacang hijau benar-benar lunak.
  6. Masukkan santan (sisihkan 5 sendok yang lainnya tuangkan)
  7. Campurkan tepung beras dengan santan (5 sendok makan)
  8. Setelah santan mendidih masukkan campuran tepung beras dan santan.

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Nikmat

Kacang hijau merupakan jenis bijiian yang tergolong keras maka dari itu perlu perlakuan khusus agar saat nanti menjadi bubur kacang hijau mudah dikuyah. Cara membuat kacang hijau menjadi empuk bisa dilakukan dengan cara merendam kacang hijau dengan air selama 3 sampai 4 jam.
Pasti anda pernah menemukan jenis kacang hijau yang berbau apek? Hal tersebut bisa karena terlalu lama disimpan atau dari beberapa kacang hijau yang cacat. Cara menghilangkan kacang hijau yang cacat/tidak bagus bisa dengan cara merendamnya. Saat direndam ada kacang yang mengambang bukan? Nah itulah kacang yang tidak bagus. Buanglah kacang hijau yang mengambang.
Bagaimana resep cara membuat bubur kacang hijau mudah bukan? Apalagi bahannya sangat mudah ditemukan disekitar anda. Mari yuk  dicoba untuk keluarga.

Resep Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Gula Jawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown