Tempat Resep Masakan

Jumat, 14 Februari 2014

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam - Ada beraneka macam jenis bubur di Indonesia dan salah satunya adalah bubur ketan hitam. Sebelumnya sudah pernah membahas resep cara membuat bubur kacang hijau gula jawa yang enak dan empuk mak nyuuuus.... Setelah itu langsung berfikiran sudah bosan dengan bubur lainnya langsung coba buat bubur ketan. Ehhh ternyata setelah beberapa kali nyoba rasanya nikmat baget maka dari itu akan langsung saja tersebit untuk dibagikan ke sahabat semua.

Selain di buat bubur ketan hitam juga bisa diolah menjadi masakan cara membuat tape ketan hitam yang tentunya sama enaknya dengan ketan hitam. Bedanya bubur ketan hitam menggunakan kuah dan tape ketan hitam tidak ada kuahnya sehingga untuk ksegaran disiang hari lebih cocok bubur ketan hitam. Apalagi kalau bubur ketan hitam dikasuh es, Buuweeeh seger banget dah sampai-sampai lupa ma aktifitas... hhe

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Membanyangkan keegaran saya yakin anda pengen, iya kan? ngaku aja dach.. Dari itu langsung saja sahabat kita meluncur ke menu makan siang yaitu bubur ketan hitam yang sangat sedap nan legit karena dicampur dengan santan. Oh iya walaupun menambah kesegaran ada juga orang yang boleh makan santan. Gak perlu khawatir karena hal tersebut bisa diatasi. Bubur ketan hitam tanpa santan juga nikmat kok.

Resep Bubur Ketan Hitam Bersatan

Bahan :
  • 150 gram beras ketan hitam
  • 100 gram beras ketan putih
  • 2 daun pandan
  • 200 gram gula merah, iris kecil-kecil agar cepat larut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
Bahan Santan :
  • 1/2 buah kelapa untuk 1/2 liter santan
  • 1/4 sendok  teh garam
  • 1 daun pandan
  • Masukkan santan bersamaan dengan garam dan pandan lalu didihkan. gunakan api sedang dalam mendidihkan santan.

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

  1. Buang beras ketan hitam dan beras ketan putih yang masih terselimut kulit agar tdak mengurangi rasa nikmat pada bubur.
  2. Cuci menggunakan air sampai kotoran pada beras ketan hitam dan putih mengalir. Buang kotoran sampai benar-benar bersih.
  3. Panaskan air 1 1/2 liter sampai mendidih lalu masukkan beras ketan hitam dan putih sampai setengah matang.
  4. Jika sudah setengah matang masukkan bahan lainnya lalu aduk-aduk agar tercampr rata khususnya gula merah agar menyatu dengan beras yang sudah hampir matang.
  5. Panaskan terus dengan api kecil hingga matang, ciri-ciri matang adalah mengental.
  6. Hidangkan bubur ke dalam mangkuk. Tuangkan santan secukupnya.

Tips Membuat Bubur Ketan Hitam

Saat kita membuat bubur ketan hitam atau bubur lainnya bagian dalam panci gosong. Hal tersebut karena bubur jarang diaduk dan api terlalu besar. Maka dari itu gunakan api sedang saja dan aduklah sekiranya diperlukan.
Terkadang kompor 1 dengan yang lainnya besarnya api tidak sama, kadang memili panas yang lebih dan hal terebut membuat air cepat menguap sehingga cepat habis dan buburnya belum empuk. Hal tersebut bisa disiasati dengan menambah porsi air secukupnya, jangan sampai terlalu banyak.
Sebenarnya tak harus memadukan beras ketan hitam dan beras ketan putih. Bisa saja bubur ketan hitam tidak menggunakan beras etan putih.
Bagaimana mudah bukan membuat bubur ketan hitam? ya tentu mudah kalau udah tau caranya apalagi bahannya sangat sederhana. Nantikan resep lainya akan dibuat di sarah quin karena kini sedang disiapkan resep lainnya yang tak kalah enak dengan bubur ketan hitam bahkan dipastikan akan lebih nikmat lagi dari bubur ketan hitam.

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown