Tempat Resep Masakan

Minggu, 22 Juni 2014

Resep Lemang Ketan Bambu

Resep Lemang Ketan Bambu merupakan resep makanan daerah indonesia, lebih tepatnya makanan khas suku dayak di daerah kaliamantan. Lemang terbuat dari bahan dasar ketan dengan campuran santan kemudian dibakar. Lemang berbentuk seperti lontong namun bahan, cara pembuatannya serta rasanya berbeda. lemang biasanya dijadikan hidangan saat ada upacara adat di suku dayak. sedangkan pada suku melayu, lemang dihidangakan saat hari raya idul fitri maupun idul adha. Olahan lemang ini bermacam-masam, ada yang membuatnya gurih seperti yang akan saya jelaskan nanti, dan ada juga yang memberikan campuran tape ketan. 


Resep Lemang Ketan

Makanan pendamping lemang sangatlah berfariasi, tergantung dengan selera penikmatnya. Ada yang menikmatinya dengan yang manis-manis seperti selai, srikaya, kinca ataupun dengan buah durian. Sangat cocok digunakan untuk menu makan malam. Ada juga yang menikmatinya dengan yang asin-asin gurih, seperti rendang ataupun dengan lauk pauk lainnya. dalam pembuatan lemang ini sangatlah mudah, berikut bahan dan cara pembuatan lemang ketan bambu.

Resep Lemang Ketan

Bahan:
  • 1 kg Beras Ketan, cuci sampai bersih dan tiriskan
  • 1 ltr Santan
  • 1 sdt Garam
  • 1 tangkai Daun Pisang
  • 2 lembar Daun Pandan
  • 1 batang Bambu Muda berdiameter 8 cm yang sudah dibersihkan

Cara Membuat Lemang Ketan

  1. Lapisi bagian tepi bambu dengan menggunakan daun pisang
  2. Campurkan beras ketan dengan santan dan daun pandan, aduk sampai merata dan taburi garam
  3. Masukkan beras kedalam bambu, jangan sampai penuh cukup 3/4 bagian saja dan tutup bambu dengan daun pisang
  4. Siapkan api untuk membakar bambu yang berisi beras ketan, bakar bambu sampai lemangnya matang
Lemang memiliki cita rasa yang sangat unik karena proses pembuatan lemang yang dibakar di dalam bambu sehingga menciptakan rasa dan aroma yang khas. Kunci utama saat kita membuat lemang adalah jangan sembarangan dalam menggunakan bambu. Karena bambu ini akan mempengaruhi tingkat kematangan dan rasa dari lemang itu sendiri. pilihlah lemang yang masih muda dan berkulit tebal karena proses pembakarannya ini membutuhkan waktu lumayan lama. Jika kulitnya tipis maka bambunya cepat terbakar dan lemangnya tidak bisa matang. Jika kalian belum pernah memakan lemang, maka resep lemang ketan bambu ini patut untuk dicoba.

Resep Lemang Ketan Bambu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown