Tempat Resep Masakan

Selasa, 25 November 2014

Cara Membuat Kue Lupis Lembut

Cara Membuat Kue Lupis Lembut - Kue lupis merupakan makanan khas yang sangat terkenal di nusantara khususnya di daerah Jawa. Kue lupis ini merupakan kue basah yang banyak dijual oleh pedagang kue khususnya di pasar-pasar tradisional. Saya biasanya menikmati kue lupis ini bersama dengan secangkir kopi susu hangat disore hari sambil menonton televisi berasama keluarga. Kue dengan bahan dasar beras ketan kemudian dipadukan dengan kelapa parut dan juga gula aren ini banyak diminati oleh semua kalangan.


Jika dilihat dari rasa manisnya kue lupis ini hampir sama dengan Resep Cara Membuat Kue Bugis yang sudah saya bagikan sebelunya, karena dipadukan juga dengan parutan kelapa dan juga gula merah. Untuk menikmati lezatnya kue lupis ini bunda tak perlu merogoh kocek yang banyak jika ingin membelinya di pasar. Atau mungkin bunda ingin membuatnya sendiri di rumah, nah saya sarankan lebih baik bunda coba membuat sendiri di rumah karena akan ada rasa puas tersendiri jika bunda mampu membuatnya dengan hasil yang maksimal.

Resep Membuat Kue Lupis

Bahan:
  • Beras ketan 600 gram rendam dalam air sekitar 60 menit lalu tiriskan
  • Kelapa setengah tua 1 butir, kupas lalu parut kasar
  • Daun pandan 4 lembar
  • Air kapur sirih 1 sendok makan
  • Daun pisang untuk membungkus secukupnya
  • Tali bambu untuk mengikat secukupnya
  • Garam 1/2 sendok teh
Bahan kuah kue lupis:
  • Air 500 ml
  • Gula merah 800 gram, sisir halus
  • Daun pandan 4 lembar

Cara Membuat Kue Lupis

  1. Pertama masukkan air kapur sirih kedalam beras ketan yang sudah direndam tadi kemudian aduk hingga rata. Setelah itu siapkan selembar daun pisang kemudian bentuk kerucut dan masukkan beras ketan kedalamnya.
  2. Kemudian lilitkan satu helai daun menutupi kerucut dan lapisi lagi dengan daun yang selanjutnya kemudian ikat menggunakan tali bambu.
  3. Setelah itu rebus air sampai mendidih kemudian masukkan beras ketan yang sudah dibungkus tadi, rebus kurang lebih sekitar 5 jam sampai matang.
  4. Selanjutnya untuk membuat kuahnya adalah dengan merebus air, daun pandan, dan juga gula merah sampai rebusan menajdi kental kemudian angkat dan saring.
  5. Setelah itu daun pandan, kelapa parut, dan garam dikukus kurang lebih sekitar 15 menit. Setelah itu gulingkan lupis diatas kelapa parutan yang sudah dikukus tadi.
  6. Setelah itu siapkan piring saji kemudian sajikan lupis dengan kuah gula merah yang sudah dibuat tadi.
Nggak sulit kan bun untuk membuat kue lupis ini? Saya yakin setelah melihat resep Sarah Quin diatas pasti bunda akan semakin mudah untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Oh ya bunda, kue lupis akan semakin nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat apalagi dibarengi dengan minuman yang hangat pula di pagi hari. hmm... pastinya akan lebih menggugah selera. Selamat mencoba ya bunda di rumah, semoga bermanfaat.

Cara Membuat Kue Lupis Lembut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown