Tempat Resep Masakan

Selasa, 25 November 2014

Resep Cara Membuat Wajik

Resep Cara Membuat Wajik - Wajik merupakan salah satu ragam kuliner nusantara yang ada sejak jaman dulu sampai sekarang. Wajik merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan kemudian diberi dengan gula sehingga rasanya sangat manis. Wajik ini sangat terkenal khususunya di daerah Jawa Tengah, tak jarang pula wajik ini disajikan ketika ada acara-acara khajatan seperti pernikahan misalnya.


Setiap daerah mempunyai nama yang berbeda-beda dalam menamakan wajik ini. Seperti di Sumatra misalnya wajik ini disebit dengan pulut manis. Namun pada intinya sama, makanan yang dimaksud adalah wajik yang terbuat dari ketan beras. Wajik bisa digolongkan kedalam jenisk kue basah tradisisonal seperti Resep Cara Membuat Kue Lupis yang juga sama terbuat dari beras ketan. Untuk lebih jelasnya tentang resep wajik ini, langsung aja yuuk kita simak resep dibawah ini.

Resep Membuat Wajik

Bahan:
  • Ketan putih 800 gram, cuci bersih lalu tiriskan
  • Air panas 50 ml
  • Santan kental 500 ml
  • Gula merah 500 gram, sisir halus
  • Daun pandan 6 lembar
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Wajik

  1. Beras ketan dikukus kurang lebih sekitar 1/2 jam, setelah 1/4 jam perciki kukusan dengan air panas.
  2. Setelah itu rebus santan dan juga gula merah sampai semuanya larut. Tambahkan juga daun pandan dan garam aduk sampai semua bahan tersebut meletu-letup kemudian matikan apinya.
  3. Setelah itu masukkan ketan yang sudah dikukus kedalam santan lalu masak sambil terus diaduk, tunggu sampai santan menjadi agak mnengering.
  4. Jika santan sudah menjadi agak kering selanjutnya adalah tuang adoanan ketan kedalam loyang yang sebelumnya sudah diberi alas daun pisang kemudian dinginkan.
  5. Jika sudah dingin potong-potong wajik sesuai dengan selera.
Cobain juga:
 
Resep wajik oleh Sarah Quin sudah selesai dibagikan.. Oh ya karena wajik merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara yang sudah ada sejak dahulu maka bunda di rumah wajib untuk bisa mencoba membuatnya sendiri. Meskipun banyak sekali pedagang yang menjual wajik ini di pasar-pasar. Namun alangkah lebih bangga dan puas jika mampu menyajikannya dengan tangan sendiri. Selamat mencoba.

Resep Cara Membuat Wajik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown