Tempat Resep Masakan

Selasa, 11 November 2014

Cara Membuat Kue Rangi Betawi

Cara Membuat Kue Rangi Betawi Satu lagi makanan dari betawi yang bisa bunda coba untuk menu camilan ataupun hidangan yang disuguhkan ketika ada acara di rumah. Bgai anda warga luar kota pasti sedikit asing jika mendengar kue rangi ini. Namun jangan khawatir bunda, kalo bunda di rumah ada yang belom tau caranya saya akan sedikit memberi gambaran kepada bunda semua. Jadi simak terus ya bun resep di Sarah Quin supaya bunda tau apa itu kue rangin.

Kue rangi merupakan kua dari campuran kelapa parut dan tepung sagu yang disajikan dengan saus gula merah dan dikentalkan dengan sedikit sagu. Nah, untuk saus gula merahnya bunda bisa menambahkan bahan yang bunda suka, anmun biasanya saus gula merah ini ditambahkan dengan potongan nangka, nanas, ataupun durian sehingga rasanya akan lebih legit dan terasa buah-buahan. Yang menjadi khas dari kue rangin ini adalah rasanya yang gurih dan aromanya yang wangi karena dalam memasaknya dengan cara dipanggang dengan bahan bakar kayu. Supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan biasanya saya menggunakan cetakan kue rangi yang lebih mirip dengan cetakan kue pancong.

Resep Membuat Kue Rangi Betawi

Bahan:
  • Kelapa parut muda 200 gram
  • Tepung sagu 200 gram
  • Ampas kelapa 200 gram
  • Gula merah 500 gram
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Kue Rangi Betawi

  1. Langkah pertama siapkan wadah untuk mecampurkan bahan-bahan.
  2. Campurkan tepung sagu, ampas kelapa, kelapa parut, dan juga garam. Kemudian aduk hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu siapkan wajan kecil dan panaskan diatas bara api kemudian ambil sekitar 2 sendok makan adonan lalu ratakan dalam wajan hingga menjadi tipis. Kemudian masak hingga kering dan rata.
  4. Setelah itu taburi permukaannya dengan gula merah, setelah matang dan kering angkat kue rangi dan segera sajikan.
Kue rangi mudah bukan untuk disajikan? Kue tradisional dari betawi ini dari dulu hingga sekarang masih banyak dicari oleh semua orang. Rasa manis dari gula merahnya serta tekstur yang kering dari kelapa parutnya membuat perpaduan keduanya menjadi sangat nikmat. Kalo anak-anak pengen cobain kue kering dengan rasa coklat disini ada juga bun yaitu Resep Cara Membuat Kue Coklat Kenari. Selamat mencoba ya bunda.

Cara Membuat Kue Rangi Betawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown