Tempat Resep Masakan

Selasa, 11 November 2014

Resep Kue Cente Manis Gurih

Resep  Kue Cente Manis Gurih - Kue cente manis merupakan kue dengan bahan dasar tepung hunkwe dan mutiara, rasanya yang kenyal dan manis membuat kue cente manis ini dikenal oleh masyarakat sejak jaman dahulu sampai sekarang. Khususnya bagi warga jakarta pasti tidak asing lagi jika mendengarnya. Kenyal dari tepungnya kemudian dipadukan dengan campuran mutiara yang ada didalamnya membuat kue cente manis ini sangat pas jika dirasakan di lidah.

Supaya tau tentang kue cente manis ini, saya akan berbagi resepnya kepada para bunda semua. Kalo saya suka menyajikan kue cente manis ini ketika sedang ada acara di rumah bun, misalnya seperti arisan atau ketika anak-anak ulang tahun. Cara menyajikannya yang cukup simple dan tidak menghabiskan begitu banyak biaya membuat kue cente manis ini banyak dibuat oleh ibu rumah tangga. Biasanya juga ditambahkan dengan potongan daun pandan kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Resep Membuat Kue Cente

Bahan:
  • Mutiara 1/2 gelas
  • Gula pasir 1 gelas
  • Tepung hunkwe 1 gelas
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanilli 1 sendok teh
  • Daun pandan 2 helai
  • Daun pisang untuk membungkus secukupnya

Cara Membuat Kue Cente

  1. Pertama rebus sagu mutiara dalam panci sampai tekstur bahan tersebut menjadi lunak, setelah lunak kemudian disaring lalu rendam dalam air dingin beberapa saat.
  2. Selanjutnya pada wadah lain campurkan tepung hunkwe dengan santan, campur keduanya sampai tercampur rata.
  3. Sisa santan yang lainnya kemudian dicampur dengan gula, garam, dan daun pandan kemudian rebus sampai mendidih. 
  4. Jika sudah mendidih ambil sedikit kemudian tuangkan dalam cairan santan dan tepung tadi kemudian tuang lagi kedalam panci sambil terus diaduk.
  5. Setelah itu masukkan sagu mutiara kemudian rebus hingga matang sambil sesekali diaduk agar rata dan tidak ada yang menggumpal.
  6. Jika sudah matang siapkan daun pisang untuk membungkus adonan tunggu beberapa saat hingga dingin dan agak mengeras kemudian sajikan.
Kue cente manis siap untuk disajikan.. Mudah kan bun cara membuatnya? Kue cente manis ini akan terasa lebih nikmat lagi jika disajikan ketika dalam kedaan dingin. Ketika sudah siap untuk disajikan tinggal dimasukkan dalam kulkas beberapa menit. Masih ada banyak kue basah yang bisa bunda cobain seperti Resep Cara Memasak Bolu Suri Pandan dengan bolu lembut yang ada di luar dan didalamnya.

Resep Kue Cente Manis Gurih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown