Tempat Resep Masakan

Selasa, 11 November 2014

Resep Cara Membuat Kerak Telor Betawi

Resep Cara Membuat Kerak Telor Betawi - Kerak telor merupakan makanan yang khas dari Betawi, kalo anda berkunjung ke Jakarta pasti nggak akan asing lagi dengan pedagang di pinggir jalan yang menjual makanan ini. Meskipun terkenal dari daerah Jakarta namun kerak telor kini sudah banyak tersebar di seluruh wilayah nusantara. Ya, memang karena rasanya yang nikmat dan unik, membuat makanan ini banyak dicari oleh semua kalangan.

Sebenarnya apa sih kerak telor itu? Kalo bunda penegn tau sekilas tentang kerak telor ini saya bakalan kasih sedikit gambarannya. Kerak telor ini dibuat dengaan bahan-abhan seperti beras ketan putih, telur ayam, ebi yang disangari kemudian ditambahkan bawang merah goreng, kemudian ditambahi dengan bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari aneka macam bumbu rempah-rempah. Biasanya dimasak menggunakan wajan dan bukan diatas kompor, namun bara api yang biasanya digunakan untuk membakar sate.

Resep Membuat Kerak Telor

Bahan:
  • Beras ketan putih 200 gram, cuci bersih kemudian rendam dengan air selama 120 menit
  • Telur bebek 10 butir
  • Bawang goreng 10 sendok makan
  • Serundeng 10 sendok makan
  • Cabe rawit 10 buah, cincang halus
  • Garam 10 sendok teh
  • Lada bubuk 5 sendok teh
  • Gula pasir 5 sendok teh
  • Ebi bubuk 10 sendok makan

Cara Membuat Kerak Telor

  1. Pertama siapkan penggorengan khusus kerak telor panaskan hingga cukup panas.
  2. Setelah itu tambahkan 2 sendok makan ketan yang sudah direndam beserta dengan airnya, kemudian tutup dan masak hingga kurang lebih sampai 3-4 menit.
  3. Buka tutup penggorengan kemudian tambahkan 2 butir telur, 2 sendok makan bawang goreng, 2 sendok makan serundeng, 1 sendok makan ebi, 2 buah cabe rawit, 2 sendok teh garam, 1 sendok teh lada bubuk dan 1 sendok teh gula pasir kemudian aduk hingga tercampur rata.
  4. Selanjutnya ratakan dengan cara melebarkan dibagian pinggir penggorengan atau sisi penggorengannya, kurang lebih dengan ukuran diamter 20 cm kemudian tutup kembali dan masak sampai harum.
  5. Setelah itu balik penngorengan kerak telur hingga bagian atasnya terjilat dengan api dan harum terbakar.
  6. Jika sudah matang dan harum bisa langsung diangkat dan disajikan.
Baca juga resep yang sama berasal dari Betawi:
Nah, resep kerak telor siap untuk disajikan.. Mudah bukan cara membuatnya bunda? Saya yakin bunda langsung mencobanya dengan bahan dan peralatan yang sangat mudah untuk dijangkau. Kalo bunda pengen cobain resep yag berasal dari betawi dan berbeda dengan resep kali ini bisa langsung buka di Sarah Quin yang berkuah, makanan ini juga sangat cocok untuk bunda cobain karena kuahnya yang nikmat sangat pas untuk menemani makan siang bunda dan keluarga.

Resep Cara Membuat Kerak Telor Betawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown