Tempat Resep Masakan

Sabtu, 15 November 2014

Resep Cara Membuat Es Selendang Mayang Segar

Resep Cara Membuat Es Selendang Mayang Segar - Kalo siang hari panas banget apa yang etrlintas di pikiran kalian? yah, saya yakin pasti es yang akan terlintas di benak kalian semua. Sarah Quin kali ini akan berbagi resep es tradisional yang berasal dari Jakarta. Sebut saja namanya es selendang mayang. Es selendang mayang ini merupakan minuman kuno yang berasal dari masyarakat betawi sendiri. Biasanya minuman ini disajikan ketika ada acara-acara adat betawi tertentu seperti Lebaran Betawi. 


Selain menghilangkan dahaga bagi yang meminumnya, es selendang mayang ini juga bisa menghilangkan rasa lapar yang ada. Mengapa demikian? Karena bahan yang digunakan untuk membuat es selendnag mayang ini salah satunya adalah tepung beras yang dicampur dengan bahan es lainnya. Sehingga akan sedikit mengenyangkan perut ketika mengkonsumsinya. Es selendang mayang ini sekilas mirip dengan selendang para bidadari yang turun dari kahyangan dan selendangnya melayang-layang. Karena warna merah yang dihasilkan oleh pewarna makanan pada adonan tepung yang kemudian dicampur dengan air santan.

Resep Es Selendang Mayang

Bahan:
  • Tepung sagu 200 gram
  • Tepung hunkwe 200 gram
  • Air 3,5 liter
  • Daun pandan 12 helai
  • Pewarna makanan merah muda secukupnya
  • Pewarna makanan hijau secukupnya
  • santan 2 liter
  • Es batu secukupnya
  • Nangka 10 biji
  • Gula Jawa 1 kg
  • Gula pasir 10 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Es Selendang Mayang

  1. Langkah pertama adalah membuat sirup dengan cara merebus air bersama dengan gula jawa, gula pasir, daun pandan, serta garam. Rebus hingga mendidih kemudian dinginkan dan sraing dahulu, sisihkan.
  2. Untuk membuat selendang mayang campurkan tepung garam, dan juga air. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu bagi adonan selendang mayang menjadi 3 bagian, beri pewarna hijau dan merah muda. Setelah itu masak adonan yang diberi warna hijau sampai matang kemudian tuang dalam cetakan dan tunggu sampai dingin.
  4. Kemudian masak kembali larutan yang berwarna putih dan setelah matang tuang diatas adonan yang diberi pewarna hijau  begitu seterusnya dengan adonan warna merah muda. Usahakan adonan yang dibawahnya sudah dingin supaya melekat sempurna.
  5. Jika adonan sudah dingin dan bentuknya seperti puding kemudian potong sesuai dengan selera.
  6. Siapkan mangkok saji kemudian masukkan potongan adonan tersebut dalam mangkok bersama dengan sirup gula jawa, santan, dan es batu.
  7. Es selendang mayang siap untuk disajikan.
Baca juga:
 
Hmmm.. pasti seger banget kan bunda siang-siang nikmati es selendang mayang. Kalo saya paling suka nikmati es selendang mayang ini dengan es batu yang sangat banyak. Karena rasanya adem banget kalo udah sampe tenggorokan. hehe kalo bunda pengen cobain minuman yang sama dari jakarta namun dihidangkan dalam kedaan hangat bisa buka resep bajigur, dengan aroma jahe yang akan menghangatkan tenggorokan anda.

Resep Cara Membuat Es Selendang Mayang Segar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown