Tempat Resep Masakan

Minggu, 26 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Bolu Suri Pandan

Resep Cara Membuat Bolu Suri Pandan - Ngomongin soal camilan di sore hari, rasanya nggak asing lagi kalo denger bolu suri pandan. Bolus uri pandan merupakan jenis cake dengan bahan dasar pembuatannya menggunakan tepung terigu dan telur, namun jangan khawatir bun, karena telur yang digunakan disini nggak begitu banyak ko, ajdi lumayan bisa hemat pengeluaran bunda. Saya rasa bolu suri pandan ini sangat nikmat sekali jika disajikan di sore hari dengan teh hangat.

Bolu Suri Pandan

yakin deh, pasti bakalan pengen nambah lagi dan lagi. Meskipun cara membuatnya membutuhkan waktu yang lebih, namun bunda nggak usah khawatir, karena capek bunda ketika di dapur akan terbayar oleh hasil dari bolu suri pandan ini. Dan tentunya akan ada rasa puas tersendiri jika bolu suri buatan bunda banyak disukai ikeh orang-orang disekitar bunda. Biar nggak penasaran lagi, yuuk langsung aja kita simak cara membuat bolu suri panda berikut ini..

Resep Membuat Bolu Suri Pandan

Bahan:
  • Terigu 150 gram
  • ragi instant 2 sendok makan
  • Gula pasir 200 gram
  • Santan kental 150 ml
  • Telur 8 butir
  • Air pandan 50 ml + daun suji
  • Susu kental manis 200 ml
  • Margarine 70 gram, dilelehkan
  • Vanilli bubuk 1 sendok teh

Cara Membuat Bolu Suri Pandan

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan.
  2. Campurkan santan dengan air pandan dan daun suji dalam panci, kemudian rebus sampai mendidih kemudian angkat. Diamkan beberapa saat sampai hangat dan agak kaku.
  3. Setelah itu campurkan terigu, ragi, dan sepertiga gula pasir kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan santan hangat tadi kemudian aduk kembali sampai rata.
  4. Jika sudah tercampur rata maka tutup wadah adonan kemudian diamkan kurang lebih sekitar 1/2 jam.
  5. Selanjutnya siapkan loyang tulban yang sudah diolesi dengan margarine sebelumnya dan juga ditaburi tepung terigu supaya tidak lengket.
  6. Ambil waah lain untuk mengocok telur, sisa gula, dan vanilli, aduk semua bahan tersbeut sampai rata dan larut.
  7. Masukkan kocokan telur kedalam adonan terigu.
  8. Tambahkan susu kental manis dan juga mergarine, aduk hingga rata kembali.
  9. Jika sudah tercampur rata kemudian tuang kedalam loyang yang sudah disiapkan tadi.
  10. Masukkan loyang kedalam oven, mula-mula oven tidak dinyalakan terlebih dahulu dna biarkan loyang berada di dalam oven sekitar 1/2 jam, kemudian oven dihidupkan dengan suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih sekitar 1 jam.
  11. Jika adonan kelihatan sudah siap untuk dikeluarkan dari dalam oven, tinggal dikeluarkan dan tunggu sampai dingin kemudian sajikan.
Bolu suri pandan bisa langsung disajikan untuk menu penutup sore ini nih bun.. Rasa pandan yang melekat dengan aroma daun suji akan menambah citarasa yang ada. Biar nggak penasaran lagi yuuk langsung dicobain ya bunda. Kalo anak-anak pengen dibuatin bolu dengan warna yang beraneka macam dan rasa yang manis, bisa coba Resep Membuat Bolu Kukus Pelangi Manis yang ada di Sarah Quin bunda. Anak-anak pasti bakalan ketagihan dan pengen dibawain bolu ini untuk bekal ke sekolah.



Resep Cara Membuat Bolu Suri Pandan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown