Tempat Resep Masakan

Minggu, 09 November 2014

Resep Tahu Pong Semarang

Resep Tahu Pong Semarang - Satu lagi kuliner dari Semarang yang berbahan dasar tahu nih bun. Tahu ini tidak ada isi didalamnya hanya saja dibumbui dengan aneka macam bumbu sehingga rasanya sangat gurih. Sebut saja tahu pong namanya. Disebut tahu pong karena didalamnya tidak ada isi apapun dan kosongan. Tahu pong sangat cocok untuk disantap ketika nongkrong di angkringan atau untuk lauk ketika menyantap nasi pas lagi hangat.


Meskipun tidak ada isi di dalamnya, tahu pong ini banyak disukai oleh semua kalangan. Dalam menikmatinya bebas menggunakan cocolan apa saja, mau saus tomat, saus sambal, atau lain sebagainya.  Tak jarang juga tahu pong dinikmati dengan menggunakan cabe, khususnya bagi mereka yang suka dengan rasa pedas. Kalo saya sama suami paling suka makan tahu pong selagi hangat dnegan cocolan saus sambal, gurihnya makin kena di mulut pokonya deh bun.

Resep Membuat Tahu Pong Semarang

Bahan:
  • Tahu putih 24 buah
  • Tepung terigu 150 gram
  • Tepung maizena 20 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Telur ayam 2 butir
  • Penyedap rasa 2 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Bawang putih 4 siung, lembutkan
  • Bawang merah 4 siung, lembutkan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tahu Pong Semarang

  1. Langkah pertama tahu dibersihkan terlebih dahulu kemudian potong dadu dengan ukuran sedang.
  2. Setelah itu siapkan wadah lalu campurkan bawang merah halus, bawang putih halus, air, dan juga penyedap rasa gunakan campuran tersebut untuk merendam tahu. Rendam kurang lebih sekitar 15 menit.
  3. Setelah itu pada wadah lain telur dikocok lepas.
  4. Setelah itu tahu yang sudah direndam tadi dicelupkan kedalam telur yang dikocok tadi dan aduk perlahan supaya telur tidak hancur. Diamkan sekitar 8 menit.
    Kemudian pada wadah lain campurkan tepung terigu, baking powder, tepung maizena, dan juga garam kemudian aduk hingga tercampur rata.
  5. Tahu yang direndam dalam telur tadi diangkat kemudian gulingkan pada campuran tepung.
  6. Setelah itu panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng tahu hingga berwarna kuning keemasan dan matang. Jika sudah matang angkat kemudian sajikan.
Mudah bukan bun untuk membuat tahu pong ini? Meskipun tanpa menggunakan nasi ketika mengkonsumsi tahu pong ini, namun secara tidak langsung akan mengenyangkan perut. Jadi kalo lagi males makan nasi pas banget untuk mengkonsumsi tahu pong ini bun. Mudah dibuat, enak, gurih, kurang apalagi coba bun? Langsung aja yuuk coba membuatnya di dapur, jangan lupa cobain juga Resep Cara Membuat Tahu Gimbal yang ada di Sarah Quin karena bahan-bahannya lebih lengkap.

Resep Tahu Pong Semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown