Tempat Resep Masakan

Jumat, 12 Desember 2014

Cara Membuat Bola-Bola Nasi Isi Keju

Cara Membuat Bola-Bola Nasi Isi Keju - Anak-anak susah banget buat makan nasi ya bun? Sekarang nggak perlu khawatir lagi, karena saya akan berbagi resep bola-bola nasi isi keju. Jadi bunda nggak perlu memaksakan lagi kepada anak-anak untuk makan nasi, jika bunda pandai membuat inovasi dalam mengolah nasi. Seperti resep kali ini nih bun, yang bisa bunda jadikan referensi kalo si anak susah banget buat makan nasi.


Apalagi kalo pagi hari mau berangkat sekolah, saya yakin anak-anak lebih sulit jika disuruh untuk makan nasi. Oleh karena itu bola-bola nasi isi keju ini bisa bunda sajikan di pagi hari untuk sarapan supaya anak-anak penasaran dan akhirnya pasti mau untuk mencoba. Saya pernah mencobanya kepada anak-anak saya dirumah bun, dan hasilnya malah lebih dari itu, mereka ketagihan dan pengen dibuatin bola-bola nasi isi keju buat bekal berangkat sekolah.

Resep Membuat Bola-Bola Nasi Isi Keju

Bahan:
  • Nasi putih 200 gram
  • Keju cheddar 25 gram, potong dadu
  • Garam 1/8 sendok teh
  • Merica bubuk 1/8 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 1/8 sendok teh
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Telur 1 butir, kocok lepas
  • Tepung roti kasar 50 gram
  • Margarine 1 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bola-Bola Nasi Isi Keju

  1. Pertama siapkan wajan kemudian panaskan margarine lalu masukkan nasi dan aduk sampai merata.
  2. Setelah itu tambahkan garam, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk. Aduk semuanya sampai tercampur rata.
  3. Jika nasi sudah tercampur rata dengan bumbu, ambil sekitar satu sendok makan nasi kemudian beri potongan keju ditengahnya kemudian tutup kembali dengan satu sendok makan nasi lalu bentuk menjadi bulat padat.
  4. Setelah itu nasi yang sudah dibulatkan dilumuri dengan tepung terigu kemudian celupkan dalam kocokan telur, lalu gulingkan nasi kedalam tepung roti kasar.
  5. Lakukan sampai adonan nasi habis.
  6. Jika sudah selesai dibulatkan semua nasinya, langkah selanjutnya adaah panaskan minyak goreng dalam wajan kemudian goreng bulatan nasi tadi.
  7. Goreng hingga warnanya menjadi agak kecoklatan.
  8. Jika warnanya berubah agak kecoklatan dan cukup matang angkat kemudian sajikan.
Supaya nggak monoton bunda bisa liat bentuk-bentuk dalam menyajikan bola-bola nasi isi keju:

Nah itu dia bola-bola nasi keju siap untuk disajikan.. Kalau bunda ingin menyajikannya dengan saus ataupun cocolan lainnya pun bisa dan rasanya akan lebih mantab. Oh ya paling nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat bun, apalagi pas cuaca dingin seperti ini. Jadi dalam mengkonsumsi nasi bunda nggak selalu monoton dan tentunya praktis untuk dibawa kemana-kemana dan tentunya mengenyangkan. Selamat mencoba yaa bundaa.

Cara Membuat Bola-Bola Nasi Isi Keju Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown