Tempat Resep Masakan

Minggu, 07 Desember 2014

Cara Membuat Kue Talam Abon Ayam

Cara Membuat Kue Talam Abon Ayam - Kue talam abon ayam merupakan salah satu varian rasa yang ditawarkan dari kue talam. Dengan banyaknya varian rasa dari kue talam ini akan membuat anda pecinta kue tradisional tidak akan pernah bosan untuk mencicipinya. Meskipun hanya sekedar ditaburi dengan abon ayam yang membedakannya dengan yang lain. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan kue talam pada umumnya, sehingga sangat mudah sekali untuk dipraktekkan. 


Banyak sekali pedagang yang menjajakan kue tradisional ini, namun tak jarang juga banyak ibu-ibu yang mencoba membuatnya sendiri di rumah. Khususnya ketika mereka sedang ada acara tertentu di rumah, pasti menyiapkan kue talam dengan berbagai macam jenis ini. Tidak terkecuali bagi saya bun, saya pun sering menghidangkan kue talam abon ayam ketika sedang ada arisan di rumah, dan ternyata banyak sekali ibu-ibu yang menyukainya.

Resep Membuat Kue Talam Abon Ayam

Bahan A:
  • Tepung beras 300 gram
  • Tepung tapioka 120 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 40 gram
  • Santan hangat 1,3 liter
Bahan B:
  • Santan 600 ml
  • Tepung beras 6 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
Bahan taburan:
  • Abon ayam 200 gram

Cara Membuat Kue Talam Abon Ayam

  1. Pertama campuurkan bahan A seperti tepung beras, tepung tapioka, garam, serta gula pasir. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk supaya adonan menjadi kalis.
  2. Setelah itu adalah mencampur bahan B, seperti halnya ketika mencampur bahan A, diaduk sampai benar-benar rata dan kalis.
  3. Jika semua bahan A dan B siap tinggal menyiapkan cetakannya.
  4. Tuang bahan A kedalam cetakan namun jangan sampai penuh setelah itu kukus sekitar 1/4 jam.
  5. Kemudian tuang bahan B diatasnya sampai cetakan penuh dan kukus kembali sampai matang.
  6. Jika sudah matang dinginkan, lalu keluarkan dari cetakan dan taburi dengan abon ayam.
Coba juga:
Resep Talam Ubi Kuning Kelapa Muda

Kue talam abon ayam siap untuk disajikan.. Mudah bukan cara membuatnya? Nggak jauh berbeda dengan resep kue talam sebelum-sebelumnya, hanya saja kali ini ditambah dengan taburan abon ayam sehingga akan terasa sedikit lebih gurih. Hmm.. langsung cobain aja yuuk bundaa.

Cara Membuat Kue Talam Abon Ayam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown