Tempat Resep Masakan

Jumat, 02 Januari 2015

Cara Membuat Bubur Merah Putih

Cara Membuat Bubur Merah Putih - Tradisi di masyarakat serasa sudah mendarah daging sejak dahulu hingga sekarang, tak terkecuali dengan tradisi selamatan yang biasanya diadakan oleh orang Jawa. Ada berbagai macam jenis selamatan yang ada dalam adat jawa, dengan memberikan hidangan pada umumnya ketika selamatan. Nah, menu yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu menu yang dihidangkan ketika acara selamatan, yaa bubur merah putih. 


Bubur merah putih ini terbuat dari beras yang direbus hingga menjadi bubur dan sebagian ada yang diberi gula merah supaya warnanya menjadi merah. Dalam membuatnya juga diberi campuran santan dan juga daun pandan, sehingga citarasa dan aroma dari bubur merah putih sangatlah menggugah selera. Biasanya dalam menyajikan bubur merah dan putih dalam dua piring yang terpisah, namun ada juga yang biasanya langsung meletakkan bubur putih diatas bubur merah. Untuk lebih jelasnya kita liat aja yuuk cara membuatnya berikut ini.

Resep Membuat Bubur Merah Putih

Bahan:
  • Beras 1/4 kg, cuci bersih
  • Santan 1/2 liter
  • Air 1 liter
  • Daun pandan 1 lembar
  • Vanilli 1/4 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula jawa 100 gram
  • Gula pasir 1 1/2 sendok makan

Cara Membuat Bubur Merah Putih

  1. Pertama rebus air sampai mendidih kemudian masukkan beras, daun pandan, vanilli serta garam. Aduk sampai rata kemudian tutup dan masak menggunakan api kecil.
  2. Setelah beberapa saat buka penutup panci kemudian adonan diaduk terus sampai menjadi bubur.
  3. Kemudian tuangkan santan kental dan aduk jangan sampai santan pecah.
  4. Jika sudah benar-benar menjadi bubur, ambil sebagian bubur pada wadah terpisah sebgaia bubur putihnya.
  5. Kemudian bubur yang masih tersisa di panci ditambahkan dengan gula pasir dan gula jawa kemudian aduk hingga tercampur rata.
  6. Jika sudah rata sajikan bubur merah dalam piring bersama dengan bubur putih pada piring lain.
Cobain resep bubur yang  dan lembut banget :
Resep Cara Membuat Bubur Sumsum

Nah itu dia bun bubur merah putih yang simple banget untuk disajikan.. Saya yakin jika terbiasa membuat bubur di rumah nggak akan kesulitan untuk mencoba resep ini. Bubur merah putih ini juga cocok diberikan untuk anak-anak yang masih mengkonsumsi makanan yang lembut, atau bagi orang sakit yang dianjurkan dokter untuk mengkonsumsi yang serba lembut. Selamat mencoba di rumah yaa bundaa.

Cara Membuat Bubur Merah Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown