Tempat Resep Masakan

Minggu, 10 Agustus 2014

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum - Bubur yang lembut dan gurih ini disebut bubur sumsum  dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional. Bubur sumsum ini biasanya disajikan dengan air gula merah yang sedikit kental, atau kalau ditempat saya disebut dengan juroh. Ada juga yang menyajikannya dengan sedikit ketan dan srondeng. Ada juga bubur sumsum yang berwarna hijau, namun cara membuat bubur dan bahan yang digunakan sebenarnya sama saja hanya saja ditambahkan pewarna makanan hijau.

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum

Resep bubur sumsum ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi, karena jajanan ini sangatlah mengenyangkan. Maka dari itu, bubur sumsum ini sering disajikan untuk beberapa orang yang sakit dan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut. Saat kalian sedang banyak waktu luang dirumah, kalian dapat mencoba bubur sumsum yang enak ini. Untuk membuat bubur sumsum yang enak ini, kalian tidak membutuhkan waktu yang lama. Inilah cara membuat bubur sumsun yang enak dan lembut.

Resep Bubur Sumsum

Bahan:
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 100 gram tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan (ikat)
Bahan Kuah:
  • 200 gram gula merah
  • 100 ml air
  • 2 lbr daun pandan

Cara Membuat Bubur Sumsum

  1. Bagi santan menjadi dua bagian. Rebus satu bagian santan dengan daun pandan dan aduk-aduk sampai mendidih agar santan tidak pecah
  2. Campurkan tepung terigu dan garam kedalam satu bagian santan. Aduk sampai merata.
  3. Campurkan adonan tepung kedalam rebusan santa aduk terus sampai bubur kental dan matang
  4. Rebus air dengan gula dan daun pandan sampai mendidih dan mengental
Coba juga: Cara Membuat Bubur Ketan Hitam
Resep Cara Membuat Bubur Sumsum ini bahan yang dibutuhkan sangatlah sedikit dan dapat dengan mudah kalian temukan. Apabila nanti saat kalian membuat bubur sumsum ini buburnya menggumpal ini semua diakibatkan karena tepung yang digunakan terlalu banyak atau saat kalian mencampurkannya kurang sempurna. Rasa gurih dari bubur sumsum ini didapatkan dari jumlah santan yang digunakan. Jika ingin bubur sumsum yang lebih gurih, gunakan santan yang lebih kental. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba didapur tercinta!!

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown