Tempat Resep Masakan

Minggu, 11 Januari 2015

Resep Membuat Roti Tawar Lembut dan Mudah

Resep Membuat Roti Tawar Lembut dan Mudah - Roti tawar memang cocok disajikan ketika sarapan pagi dengan aneka macam olesan selai. Selain lebih praktis dan menyingkat waktu ketika disajikan pagi hari, roti tawar ini juga banyak sekali kita jumpai di supermarket ataupun toko-toko. Namun tak ada salahnya jika ada waktu luang bunda mencoba membuat roti tawar sendiri di rumah untuk persediaan. Tentunya dengan tekstur yang lebih lembut dan mudah untuk disajikan.


Kalau saya paling suka roti tawar dengan olesan selai strawberry bun sebelum berangkat kerja, serta cukup dengan segelas susu dan itupun sudah sangat membantu pekerjaan saya seharian. Kadang kalau saya nggak sempet masakin bekal buat anak-anak juga biasanya cukup roti tawar dengan olesan coklat. Simple dibawa kemana aja, dan mengenyangkan. Karena tau sendiri kan bun kandungan gizi dari roti ini sangatlah banyak.

Resep Membuat Roti Tawar

Bahan:
  • Tepung terigu protein tinggi 2 kg
  • Ragi instant 22 gram
  • Telur 4 butir
  • Susu bubuk full cream 40 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Mentega putih 120 gram
  • Garam 30 gram
  • Air es 950 ml

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan.
  2. Pertama campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata semua bahan tersebut.
  3. Setelah itu tambahkan telur dan tuangkan air es secara bertahap kedalam adonan sambil diuleni.
  4. Kemudian tambahkan mentega putih dan juga garam lalu uleni lagi sampai adonan kalis. Setelah itu bulatkan adonan dan diamkan sekitar 1/2 jam.
  5. Kemudian kempiskan adonan dengan cara ditinju kemudian bagi adonan menjadi dua dengan takaran sama rata.
  6. Setelah itu bulatkan kemudian gilas dan gulung padat memanjang. Kemudian masukkan dalam loyang leaf yang sudah diolesi minyak atau mentega putih sebelumnya supaya tidak lengket.
  7. Kemudian diamkan sekitar satu jam sampai adonan mengembang.
  8. Lalu olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (dua butir telur, empat sendok makan susu dan satu sendok teh garam, kocok lepas sampai rata)
  9. Setelah itu panggang adonan dalam oven sekitar dua puluh menit atau sampai matang.
  10. Setelah itu keluarkan dari oven dan olesi bagian atasnya dengan butter.
Pengen roti dengan isi didalam? Cobain yuk bun :

Roti tawar tinggal dipotong kotak-kotak seperto biasanya bun dan bisa diolesi dengan olesan sesuai selera anda semua.. Oh ya kalau bunda pengen roti tawar yang bunda hasilkan lebih empuk maka takaran ragi instant bisa ditambah sedikit agak lebih banyak. Selamat mencoba bundda, semoga bermanfaat.

Resep Membuat Roti Tawar Lembut dan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown