Tempat Resep Masakan

Senin, 25 Mei 2015

Resep Kerupuk Ikan Tuna Renyah

Resep Kerupuk Ikan Tuna Renyah - Indonesia merupakan negara kepualauan yang mana dari sebab itulah banyak sekali jenis ikan yang bisa dijumpai. Seperti ikan tuna misalnya, ikan jenis ini sangat banyak sekali dijumpai di laut lepas perairan Bali berbatasan dengan negara Australia. Sebagai warga Indonesia kita patut berbangga hati karena negri ini kaya akan sumber daya alamnya yang bisa diolah menjadi segala macam barang atau kuliner.

Resep Kerupuk Ikan Tuna Renyah

Ikan tuna sebagai salah satu jenis ikan yang populer di Indonesia banyak sekali dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi aneka masakan yang sedap. Rasa gurih yang terdapat dari ikan tuna itu sendiri akan makin nikmat jika dibumbui dengan rempah-rempah khas nusantara. Jika bunda berfikiran ikan tuna hanya bisa diolah menjadi sayur atau dibuat semur dan lain sebagainya, kali ini bunda akan tahu resep terbaru dari Sarah Quin yakni kerupuk ikan tuna.

Yah, kalau ngomong soal kerupuk nggak bakal ada bosannya deh bunda. Karena kalau makan pasti yang banyak dicari untuk lauknya adalah kerupuk. Nah, dengan resep kerupuk ikan tuna kali ini bunda akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai bagaimana cara membuat kerupuk ika tuna dengan bahan sederhana namun kerupuk ikan tuna yang dihasilkan gurih dan renyah. Biar nggak penasaran langsung simak resepnya dibawah ini dan catat segala yang diperlukan ya bun.

Resep Kerupuk Ikan Tuna

Bahan :
  • Tepung tapioka 1 kg
  • Ikan tuna tanpa tulang 3 ons, dihaluskan
  • Bawang putih 1 ons, dihaluskan
  • Soda kue 2 sendok teh
  • Royco 2 sendok teh
  • Garam 4 sendok teh
  • Telur 10 butir

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tuna

  1. Pertama siapkan wadah untuk membuat adonan.
  2. Campurkan semua bahan kecuali telur, aduk hingga rata.
  3. Kemudian tambahkan telur satu per satu bergantian.
  4. Uleni sampai adonan rata.
  5. Setelah itu bagi adonan menjadi 8 bagian seperti lontong, lalu kukus sekitar 120 menit.
  6. Kemudian keluarkan dari kukusan dan tunggu sampai dingin.
  7. Lalu potong tipis-tipis dan jemur sampai kering.

Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengolah kerupuk ikan tuna ini. Hanya saja butuh kesabaran dari bunda untuk memperoleh hasil kerupuk yang maksimal dan tentunya renyah serta gurih. Ikan tuna selain gurih jika dibuat kerupuk, ternyata juga memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bunda. Kandungan omega 3 dalam ikan tuna memiliki seribu manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang sebagaimana kita ketahui bahwa telur merupakan sumber protein utama bagi tubuh. Namun ikan tuna ini memiliki kadar yang lebih tinggi ternyata bunda. 

Resep kerupuk yang tidak kalah gurihnya bun:

Jika dilihat dari bahan dasarnya saja yang banyak mengandung gizi sudah bisa dipastikan kalau kerupuk ikan tuna selain gurih juga akan mengisi pasokan gizi yang diperlukan tubuh. Apalagi kalau buat si kecil, malah makin bagus bunda untuk dikonsumsi. Hanya saja ada sedikit catatan, kandungan gizi dalam makanan yang bunda olah akan tetap terjaga jika ditunjang dengan pemilihan bahan, cara pengolahan, penyimpanan bahan dan yang paling penting adalah kebersihan ketika mengolah kerupuk ikan tuna ini. Bagaimana? tertarik untuk mencoba resep kerupuk ikan tuna ini kan bun? Yuk langsung dieksekusi.

Resep Kerupuk Ikan Tuna Renyah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown