Tempat Resep Masakan

Senin, 25 Mei 2015

Tips dan Cara Membuat Donat Pisang

Tips dan Cara Membuat Donat Pisang - Hai bunda semua yang mungkin lagi pada sibuk berkutat dengan peralatan dapur. Boleh minta waktunya sebentar kan bun untuk melihat hasil olahan donat pisang saya? Yah, ini adalah donat pisang pertama yang saya buat ketika ada acara pengajian dirumah bun, sebelumnya saya pernah coba membuat donat sendiri namun dengan jenis yang berbeda yakni Donat Goreng namun naluri seorang wanita tidak bisa dipungkiri, kalau bisa membuat satu jenis donat pasti penasaran pengen buat yang lain, dan yang menjadi eksperimen kedua adalah resep donat pisang ini.

Tips dan Cara Membuat Donat Pisang

Ketika membuat donat pisang ini ada rasa khawatir bun takut kalau donatnya tidak empuk dan mengembang. Namun dari pengalaman yang saya dapat ketika sharing dengan ibu-ibu pengajian ternyata ada beberapapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat donat supaya mengembang dan empuk bun. Nah pengalaman saya akan saya share juga buat bunda dirumah lewat tips membuat donat dibawah ini nanti supaya donat pisang bikinan bunda berhasil dan memuaskan tentunya.

Banyak sekali kita jumpai donat dijual di berbagai kafe, restaurant, mall, maupun pedagang kecil sekalipun, sehingga bukan hal yang sulit untuk menemukan jenis jajanan yang satu ini. Namun alangkah lebih baiknya jika kita sebagai ibu rumah tangga mampu menyajikannya sendiri di rumah. Karena saya orangnya adalah tipikal yang khawatir jika anak-anak mengkonsumsi makanan dari luar, yang mana kita belum tahu pasti kebersihan cara pengolahannya, bahan yang digunakan dan lain sebagainya. Sehingga kadang saya sampai merelakan dan meluangkan sedikit waktu untuk membuat donat pisang sendiri di rumah, karena donat pisang adalah salah satu makanan yang disukai anak-anak. Yuk langsung kita lihat bagaimana cara membuat donat pisang yang benar.

Resep Donat Pisang

Bahan:
  • Terigu 1 kg
  • Pisang 4 buah
  • Fermipan 2 sendok teh
  • Gula pasir 8 sendok makan
  • Margarin cair 4 sendok makan
  • Susu cair 1 gelas (sesuai selera)

Cara Membuat Donat Pisang

  1. Pertama kupas kulit pisang kemudian pisang dihaluskan.
  2. Setelah itu tambahkan susu cair lalu sisihkan.
  3. Campur semua bahan dan aduk hingga rata kemudian tambahkan pisang yang dihaluskan tadi.
  4. Kemudian tambahkan sedikit air es dan uleni hingga adonan donat kalis.
  5. Diamkan adonan sekitar setengah jam jangan lupa tutup dengan serbet.
  6. Kemudian bentuk adonan seperti membentuk donat biasanya.
  7. Donat siap digoreng.

Tips Donat Agar Mengembang dan Empuk

  1. Dalam memilih tepung harus tepat bun, yaitu tepung dengan kandungan protein sedang dicampur dengan tepung dengan kandungan protein rendah gunanya agar tekstur donatnya menjadi lembut dan enak dimakan.
  2. Dalam memilih gula juga harus yang mudah dilarutkan. Atau bisa menggunakan gula yang sudah dihaluskan agar mudah tercampur dan bisa membantu proses kerja ragi dalam membuat adonan donat.
  3. Gunakan kuning telur yang warnanya bagus serta dengan jumlah sedikit lebih dari takaran supaya tekstur donat semakin lembut dan tidak kasar.
  4. Dalam memberikan campuran susu, usahakan menggunakan air susu yang dingin supaya adonan lebih mengembang dengan baik.
Nah itulah bunda sedikit resep donat pisang beserta tips agar donat mengembang dan empuk sudah saya share diatas. Kalau cuman baca teorinya tapi langsung ditinggal jalan-jalan terkadang hanya numpang lewat sebentar saja bun di memori kita. Jadi alangkah lebih baiknya setelah membaca resep donat pisang ini langsung bunda praktekkan dirumah. Selamat mencoba ya bunda semua, semoga donat pisangnya berhasil.

Tips dan Cara Membuat Donat Pisang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown