Tempat Resep Masakan

Senin, 17 Februari 2014

Resep Cara Membuat Klepon

Resep Cara Membuat Klepon - Ada beraneka warna dalam hidangan kue klepon. Klepon tersaji dengan berbagai warna indahnya sehingga banyak dilirik penggemar kue. Warna klepon mulai dari warna merah muda, hijau, kuning dan merah. Yang paling menjadi ciri khas dari klepon adalah isi dari klepon yaitu gula jawa. Selain itu klepon juga bertaburkan kelapa parut. Cara membuat klepon ini cukup mudah karena bahan dasar isi serta taburan untuk resep klepon sangat mudah. Lalu bagaimana cara membuat klepon?

Langkahnya cukup mudah kok, yang sering dibuat susah adalah membuat isi dari klepon padahal hanya gula jawa yang diiris-iris, bisa juga ditumbuk supaya halus. Namun banyak yang menggunakan cara mengiris karena tidak semua gula jawa bertekstur kering. Adapula bahan dari klepon yang saya rasa tak terbesit difikiran anda yaitu daun suji. Nanti dah lihat saja peran daun suji dalam resep bikin klepon.
Resep Cara Membuat Klepon


Dari pada banyak cingcong langsung saja diintip proses cara membuat klepon yang nikmat dan empuk. Ini dia resep klepon makyus dan nikmat.

Resep Klepon

Bahan Klepon
  • 10 lembar daun suji
  • Kapur sirih secukupnya
  • Air hangat secukupnya
  • 1/2 kg Tepung Ketan
  • 2 ons Gula Jawa
  • Air biasa, secukupnya
  • 1 sendok teh Garam
  • Kelapa diparut, secukupnya

Cara Membuat Klepon

Cukup mudah membuat klepon hanya memerlukan beberapa langkah saja, dan berikut langkah membuat klepon
  1. Haluskan daun suji degan cara ditumbuk.
  2. Masukkan daun kedalam wadah. Tuangkan kapur sirih kedaun suji lalu remas-remas. saring ambil airnya.
  3. Masukkan tepung terigu kedalam wadah lalu tuangkan air hangat dan air suji sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata dan kalis.
  4. Buat adonan tadi membentuk bulat pipih lalu tempatkan irisan gula jawa halus ditengahnya. Bulatkan hingga membentuk bola.
  5. Panaskan air lalu masukkan garam. Sebelum mendidih namun sudah panas masukkan klepon.
  6. Angkat jika matang. Bisa dilihat matang jika klepon sudah mengapung. Tiriskan klepon.
  7. Taburkan kelapa yang suda diparut atau bisa saja mengguling-gulingkannya. Banyaknya parutan kelapa sesuai selera saja.
  8. klepon sudah siap dihidangkan.
Oh iya jika ingin membuat klepon yang berwarna-warni bisa menggunakan sumba. Caranya saat adonan sedang dibuat pisah menjadi beberapa bagian lalu campurkan dengan sumba. Kalau saya sendiri menyarankan untuk tidak memberikan sumba pada klepon agar lebih sehat. Jika tidak menggunakan sumba akan berwarna hijau karena warna lami dari daun suji.

Tips Membuat Klepon

Sebelum diolah ayak dulu tepung terigu, jika ada yang menggumpal singkiran saja.
Gunakan api sedang agar klepon matang sampai dalamnya.
Coba juga kue nikmat lainnya:
 
Begitulah resep klepon isi gula jawa yang dapat anda coba. Langsung saja cari bahan klepon lalu olah menjadi hidangan untuk orang tercinta. Cukup sekian resep klepon semoga anda suka. Salam masak dan selamat mencoba resep klepon. Bye.. bye..

Resep Cara Membuat Klepon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown