Tempat Resep Masakan

Selasa, 15 April 2014

Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus dan Panggang

Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus dan Panggang - Saat kita mencari cara membuat bolu tentu ada berbagai aneka kue bolu dibenak kita. Memang karena ada berbagai kue bolu yang bisa dibuat. Nantinya yang akan dibuat adalah resep kue bolu panggang dan kukus, rasanya terdiri dari coklat dan gula jawa. Tentu semua kue bolu tidak bisa dibuat secara langsung. Untuk itu pilihlah salah satu kue bolu yang dirasa cocok dengan kebutuhan.

Kue bolu biasanya ditemukan saat hari besar contohnya saja lebaran, natal dan pernikahan. Selain itu banyak juga ditemukan di warung-warung. Jadi bagi yang suka membuat kue maka bisa mencoba kue bolu untuk dijadikan lahan rezeki. Tinggal fikirkan bolu apa yang cocok digunakan untuk berwirausaha.

Memang resep kue bolu sangatlah bervariasi namun yang biasa ditemukan adalah dengan rasa coklat. Untuk bolu diatas yang paling sulit adalah kue bolu coklat.  Bagi pemula pilihlah bolu yang mudah dibuat contohnya bolu panggang. Sedangkan bagi yang sudah handal dalam membuat bolu maka cobalah berkreasi dengan memilih salah satu resep yang belum pernah dicoba.

Resep Kue Bolu

Resep Kue Bolu Coklat

Kita mulai dengan membuat kue bolu kukus cappucino coklat. Bolu ini sangat mudah ditemukan dalam segara acara jadi sangat cocok untuk usaha. Bukan tanpa alasan bolu ini hadir disetiap momen penting. Alasan pertama adalah praktis dan tidak mudah busuk. Sangat simple namun tidak meninggalkan kesan mewah dan yang ketiga karena memang banyak orang yang suka rasa coklat. Langsung saja kita lihat resep kue bolu rasa coklat. 
 
Bahan
  • 10 Telur
  • 2 bungkus Cappucino, campurkan dengan air panas 3 sdm, aduk rata.
  • 800 gr Bolu Kukus Cake Mix, campurkan dengan air panas 2 sdm, aduk rata.
  • 1 sdt Coklat Pasta
  • 1 sdm Coklat Bubuk
  • 6 sdm Margarin, panaskan sampai leleh
  • 1 sdm Moka Pasta
  • 20 gr Kenari
Cara Membuat Kue Bolu Coklat
  1. Kocok telur sampai merata. Agar bisa merata lakukan dengan cepat dan janganberhenti jika belum 3 sampai 5 menit.
  2. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan capucino dan bolu kukus cake mixe. 
  3. Aduk hingga merata. (sebut saja adonan capucino)
  4. Sekarang ambil campuran adonan capucino sebanyak 600 gram. Campur dengan coklat bubuk dan coklat pasta. (sebut saja adonan coklat)
  5. Sisa dari adonan coklat dicampurkan dengan moka pasta dan margarin. Aduk hingga rata. (sebut saja adonan pasta)
  6. Siapkan loyang (untuk ukuran menyesuaikan saja) tergantung apa yang anda punya namun disarankan yang ukuran 24 x 10 x 7. taruh kertas roti dibagian dalam bawah (bagian pinggir tidak perlu). Olesi dengan margarin, tujuan diberikan kertas roti dan margarin supaya bolu yang sudah matang mudah diangkat.
  7. Tuangkan adonan pasta, teruskan dengan menuangkan adonan coklat diatasnya, aduk pelan dan memutar sesekali saja. Taburi dengan kenari.
  8. Langkah terakhir adalah mengukusnya sampai matang. Untuk mendapatkan porsi yang pas untuk bolu coklat sekitar 1/2 jam pengukusan. Jika belum matang saat diangkat kukus kembali.

Resep Kue Bolu Gula Merah

Nah bolu yang satu ini munculnya lebih awal dibanding bolu coklat. Lihat saja bahannya masih menggunakan gula merah. Bolu ini jarang ditemukan di acara besar namun sangat banyak dijual di berbagai tempat. Cara membuat kue bolu dibawah sangatlah mudah. Yuk langsung dicoba resep kue bolunya.




Bahan
  • 4 ons Gula Merah
  • 1 Telur, ambil kuningnya saja
  • 1 Telur, putih dan kuningnya semua digunakan
  • 1 Susu Kental Manis
  • 2 sdt Vanili
  • 2 sdt Soda Kue
  • 1/2 kg Tepung Terigu, biasanya saya pakai segitiga biru
  • 250 ml Minyak Goreng
  • 1/2 liter Air
Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah
  1. Panaskan air lalu masukkan gula merah. Tunggu hingga meleleh dan larut dengan air. Diamkan agar tidak terlalu panas.
  2. Sambil menunggu larutan gula campurkan semua telur, kocok dengan cepat sampai berbusa. Tuangkan susu kental manis. Aduk rata.
  3. Masukkan vanili dan soda kue. Masukkan pula tepung namun cara memasukkannya dengan cara di anyak. Berbarengan dengan mengayak aduklah adonan agar dapat tercampur rata.
  4. Sekarang tuangkan larutan gula merah disusul dengan minyak goreng. Aduk kembali secara merata.
  5. Siapkan wadah kertas cupcake paper. Tuangkan adonan ke dalam cupcake paper sampai penuh. Tidak perlu terlalu tinggi karena saat dikukus akan mengembang secara sendirinya.
  6. Langkah terkhir adalah mengukusnya sampai matang. Untuk mendapatkan matang maksimal biasanya dilakukan selama 1/4 jam. Jika belum matang silahkan kukus kembali.
Resep Kue Bolu Panggang

Resep kue bolu pertama dan kedua membahas mengenai bolu kukus. Untuk resep bolu ketiga adalah kue bolu yang diolah secara dipanggang. Tujuan saya memberikan resep kue bolu panggang agar ada variasi resep bolu. Silahkan dicoba jika anda menyukai rasa bolu panggang dibanding bolu kukus.




Bahan
  • 1/4 sdt Ovalet
  • 1/2 sdt Vanili
  • 12 Telur
  • 375 gram Gula
  • 3 sdt Mentega
  • 1 1/2 sdt Coklat
  • 375 gram Tepung Terigu
Cara Membuat Kue Bolu Panggang
  1. Panaskan mentega agar larut.
  2. Tempatkan ovalet, vanili, telur dan gula didalam wadah. Sekarang aduk dengan alat kocok, kocok dengan kecepatan penuh. Lakukan hingga mengembang maksimal.langkah selanjutnya adalah memasukkan mentega yang sebelumnya sudah dipanaskan dan disusul tepung. Aduk kembali sampai semua bahan menyatu/tercampur rata.
  3. Sekarang masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan. Panggang sampai matang.

Tips Membuat Kue Bolu Agar Tidak Gagal 
Pilihlah tepung yang kering. Pasti anda bertanya-tanya kenapa harus yangbenar-benar kering? Ini karena tepung yang berkeringat biasanya berbau apek. Jika tepungny saja apek bagaimana kue bolunya? Jadi pilihlah tepung yang kering. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah pilih tepung yang lembut, jangan banyak yang menggumpal.
Jika anda memanaskan oven tentu harus menunggu panas bukan? sehingga adonan dibiarkan beberapa saat. Nah hal ini biasanya dilewatkan oleh ibu-ibu karena sepele. Namun sebenarnya sangat penting karena jika adonan dibiarkan terlalu lama maka adonan yang sudah mengembang dengan baik semakin lama akan menyusut. Jadi intinya panaskan dulu oven baru masukkan adonan.
Sekian cara membuat kue bolu yang bisa anda coba dirumah. Silahkan pilih resep bolu yang cocok untuk anda dan keluarga. Sekian dulu kue bolu dari saya. Semoga suka dengan resep-resep di sarah quin. Sampai bertemu lain waktu di resep selanjutnya. Bye..

Cara Membuat Kue Bolu Coklat Kukus dan Panggang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown