Tempat Resep Masakan

Kamis, 19 Juni 2014

Resep Jambrong Goreng Renyah

Resep Jambrong Goreng Renyah - Jambrong goreng bisa dimakan sebagai lauk maupun cemilan, semacam pengganti kerupuk. jambrong rogeng renyah ini berbahan dasar dari ikan yang diawetkan. Mula-mula ikan jambrong di bersihkan dan di asini dengan diberikan garam NACL. Setelah ikan ditaburi dengan garam, ikan dikeringkan dibawah terik matahari sampai kering. Pengeringan ikan ini berfungsi untuk mengawetkan ikan supaya tidak cepat membusuk. Biasanya masyarakat pesisir pantai sering mengawtkan hasil tangkapannya itu dengan dibuat ikan asin.

Resep Jambrong Goreng

Pengawetan ikan jambrong dengan menggunakan garam ini membuat ikan jambrong menjadi sangat asin. Makanya walaupun produksi ikan asin di indonesia sangat banyak, ikan asin ini tidak dapat menjadi bahan utama dalam membuat masakan karena rasanya yang terlalu asin. Bagi yang menyukai ikan asin, menu yang satu ini patut untuk dicoba. saat penghidangan jambrong goreng renyah dapat didampingi dengan sambal maupun saus pedas. Atau pengen nyobain resep ikan yang lebih banyak bumbunya? Kalau iya silahkan coba di Resep Bumbu Ikan Bakar Kecap Madu dan Bumbu Kuning. Berikut resep jambrong goreng renyah

Resep Jambrong Goreng

Bahan:
  • 50 gram Ikan Asin jambrong tawar
  • 2 sdm Tepung Beras
  • 1 sdm Tepung Terigu
  • 1 cm Kunyit, haluskan
  • 1 sdt Ketumbar bubuk
  • 3 siung Bawang Putih
  • 1/2 sdt Garam
  • 10 lembar Daun Jeruk, iris lembut
  • 50 ml Santan

Cara Membuat Jambrong Goreng

  1. Campurkan tepung beras dan tepung terigu aduk sampai merata
  2. Tambahkan kunyit, ketumbar bubuk, bawang putih, dan garam. aduk sampai merata
  3. Tuangkan santan secara perlahan dan aduk-aduk sampai adonan licin
  4. Tambahkan irisan daun jeruk
  5. Celupkan ikan asin kedalam adonan tepung
  6. Goreng ikan asin sampai kering dan matang, tiriskan
Sangat mudah bukan dalam pembuatan jambrong goreng renyah ini? Ikan asin jambrong ini sangat mudah didapat di pasar-pasar tradisional. harganya pun relatif sangat murah meriah. Namun perlu diperhatikan juga saat membeli ikan asin jambrong ini. Pilihlah ikan asin yang kandungan garamnya rendah, karena kandungan garam di dalam makanan yang terlalu banyak sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. maka dari itu pintar-pintarlah dalam memilih bahan yang akan kita masak. Agar lebih terampil memasak coba juga Resep Ikan Asam Manis dan Resep Ikan Goreng Kecap.

Resep Jambrong Goreng Renyah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown