Tempat Resep Masakan

Jumat, 25 Juli 2014

Resep Cara Membuat Tahu Aci Gurih Enak

Resep Cara Membuat Tahu Aci Gurih Enak - Tahu aci merupakan makanan daerah khas Jawa Tengah, lebih tepatnya kota Tegal. Resep tahu aci ini berbahan dasar tahu kuning dengan ukuran kecil yang dipotong diagonal dan berbentuk segitiga. Kemudian digoreng, sebelum digoreng tahu diberikan pulungan adonan aci diatasnya. Rasanya yang renyah dan gurih dan ada tekstur kenyil-kenyil karena adonan aci membuat makanan daerah khas Tegal ini terus eksis. Bahkan sekarang bukan hanya pedagang keli lima saja yang menjajakannya, restoran-restoran besar pun sudah menjadikan tahu aci ini menjadi salah satu menunya.

Tahu Aci Tegal

Resep Cara Membuat Tahu Aci Gurih Enak

Pertama kali kenal dengan tahu aci saat saya masih kuliah. Iseng-iseng jajan tahu aci buat cemilan di kos sambil ngerjain tugas. Setelah ngerasain gurihnya tahu aci, tugasnya ditinggalin deh.heee_Karena penjual tahu aci dar kos saya lumayan jauh, jadi saya iseng-iseng sendiri membuat tahu aci. Awalnya saya membuat tahu aci ini dengan menggunakan tahu putih, karena adanya hanya itu saja. Tapi hasilnya juga gak kalah enak kok. Oh ya banyak juga lo resep tahu yang bisa bunda coba contohnya saja Resep Rolade Tahu Udang, Resep Tahu Kukus Isi Udang ataupun Resep Cara Membuat Tahu Crispy Goreng. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat tahu aci yang benar dan mudah untuk ditiru dirumah.

Resep Tahu Aci

Bahan:
10 buah tahu kuning ukuran sedang, belah melintang dan terbentuk segitiga
150 gram tepung kanci/sagu
2 batang daun bawang/sledri iris halus
3 siung bawang putih cincang halus
2 sdt merica bubuk
garam secukupnya
50 ml air es
1/2 sdt gula

Cara Membuat Tahu Aci

  1. Campurkan tepung kanji dengan daun bawang/sledri, bawng putih, merica,gula, garam dan air es. Aduk semua bahan sampai tercampur rata menjadi satu. Pastikan bahan dapat dipulung
  2. Ambil tahu yang telah dipotong diagonal, beri pulungan adonan aci diatasnya dan goreng dengan minyak yang sudah panas
  3. Angkat tahu aci saat tahu aci mengapung dan berubah warna kekuingan
Sangat mudah bukan dalam pembuatan Resep Cara Membuat Tahu Aci Gurih Enak. Tahu aci paling sedap disajikan saat masih hangat karena sensasi kriuknya akan lebih terasa. Tahu aci dapat dihidangkan dengan cabe rawit, saus sambal, ataupun dengan mayones. Pokoknya mau dihidangkan dengan apa saja tetap mak nyus. Resep tahu aci ini dapat kalian praktekkan langsung dirumah, lagipula bahan-bahan yang yang dibutuhkan untuk membuat resep tahu aci ini sangatlah mudah untuk didapatkan. 

Resep Cara Membuat Tahu Aci Gurih Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown