Tempat Resep Masakan

Kamis, 04 September 2014

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat - Ikan bandeng merupakan jenis ikan dengan daging yang banyak dan pas dimasak menjadi aneka jenis masakan, tidak terkecuali dengan masakan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu bandeng bumbu tomat. Bandeng bumbu tomat merupakan lauk yang pas untuk menemani santap bunda dan keluarga. Bumbu tomatnya yang gurih dan agak sedikit terasa asam tidak membuat anda menjadi jenuh ketika menikmatinya.

Bandeng Bumbu Tomat

Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali olahan bandeng yang biasanya disajikan di restaurant, misalnya seperti Cara Membuat Bandeng Presto Duri Lunak yang biasanya hampir kita temui disetiap tempat. Namun untuk menikmati resep bandeng bumbu tomat ini anda tak perlu jauh-jauh ke restaurant untuk membelinya apalagi merogoh kocek yang banyak, anda bisa menikmatinya dengan biaya yang relatif ringan, yaitu dengan membuatnya sendiri di rumah.

Resep Membuat Bandeng Bumbu Tomat

Bahan:
  • Bandeng 1/2 kg, dibersihkan
  • Sendawa 1/2 sendok teh
  • Bawang Merah 50 gram
  • Bawang Putih 3 siung
  • Tomat Merah 250 gram
  • Gula Pasir 50 gram
  • Air 150 cc
  • Saus Tomat 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat

  1. Bandeng yang sudah dibersihkan bagian luar maupun dalamnya kemudian diremas-remas dengan sendawa lalu dibiarkan kurang lebih sekitar semalam.
  2. Setelah didiamkan selama semalam, dicuci sampai bersih lagi.
  3. Selanjutnya bawang merah dan bawang putih dicincang halus, sedangkan tomatnya diparut kemudian dicampur dengan air dan disaring.
  4. Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai baunya harum.
  5. Setelah baunya harum dan layu tambahkan garam ,gula, air tomat, serta saus tomat. Aduk sampai rata dan masak hingga mendidih.
  6. Setelah itu siapkan panci bertekanan dan diberi alas daun pisang.
  7. Letakkan ikan bandeng diatasnya dan siramkan tumisan air tomat.
  8. Tutup panci dan diamkan kurang lebih sekitar 30 menit.
  9. Setelah dirasa cukup kemudian angkat namun dinginkan terlebih dahulu sebelum panci dibuka.

Bandeng bumbu tomat siap untuk dihidangkan.. Mudah kan bunda cara membuatnya? Saya yakin bunda di rumah langsung bisa mencobanya. Tinggal disajikan dipiring, atau supaya lebih cantik bunda bisa menghiasnya dengan potongan tomat dipinggirnya supaya tampak lebih cantik. Pokoknya bunda nggak akan kehabisan resep apalagi sampai bosan karena di Sarah Quin banyak sekali hidangan nusantara yang nikmat dan wajib untuk dicoba.

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown