Tempat Resep Masakan

Jumat, 05 September 2014

Resep Cara Membuat Udang Saus Lemon Mudah

Resep Cara Membuat Udang Saus Lemon Mudah - Ngomongin soal udang pasti udah nggak asing kagi di telinga anda pecinta kuliner, apalagi dengan olahan yang satu ini yaitu udang saus lemon. Hmm.. dari namanya aja kebayang kan pastinya gimana bentuknya bunda? Udang memang sering diolah dengan aneka macam paduan saus seperti Resep Udang Asam Manis Pedas Praktis yang didalamnya terdapat tiga rasa sekaligus yaitu asam, manis, dan juga pedas. Nah, dalam resep udang saus lemon ini kita akan menggunakan saus lemon sebagai campuran udang tersebut.

Udang Saus Lemon

Tak jarang juga udang dioolah menjadi masakan yang crispy atau kering tanpa adanya bumbu saus seperti yang telah disebutkan diatas. Misalnya seperti Resep Udang Goreng Telur Asin, yang mana udangnya hanya dibalut dengan tepung dan kemudian digoreng. Pilihan masakan udah sangatlah banyak sekali, tinggal bunda dan keluarga ingin mencicipi yang mana. Kalau udang saus lemon ini sangat cocok untuk santap malam bunda bersama keluarga dengan sepiring nasi. Oh ya jika bunda mengalami kesulitan ketika mengupas udang. dibawah nanti akan dijelasin bagaimana mengupas kulit udang dengan mudah, langsung disimak ya bunda..

Resep Membuat Udang Saus Lemon

Bahan:
  • Udang Jerbung 1 kg, buang kulit dan kepala
  • Saus Bangkok Botolan 8 sendok makan
  • Jeruk Lemon 2 buah, peras airnya lalu kulitnya diparut
  • Daun Jeruk Purut 6 helai, potong halus
  • Saus Cabai Botolan 2 sendok teh
  • Kecap Ikan 2 sendok makan
  • Bawang Putih 6 siung, cincang halus
  • Gula Merah 2 sendok teh
  • Santan Kental 200 ml
  • Daun Ketumbar cincang secukupnya

Cara Membuat Udang Saus Lemon

  1. Pertama siapkan wadah lalu campurkan saus bangkok, air jeruk lemon, perutan kulit lemon, daun jeruk purut, saus sambal, bawang putih, serta gula. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  2. Udang yang sudah dikupas bersih kemudian direndam dalam campuran bahan diatas, diamkan kurang lebih sekitar 10 menit supaya bumbu meresap.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng lalu tuang udang beserta bumbu rendamannya kedalam wajan, setelah itu tambahkan santan kental dan aduk-aduk supaya bumbu tercampur rata.
  4. Masak dengan api sedang dan kurang lebihs sekitar 5 menit sampai semuanya matang.
  5. Jangan lupa cicipi jika ada bahan yang kurang tambahkan agar rasanya pas.
  6. Setelah matang angkat dan sajikan, jangan lupa campur dengan daun ketumbar yang dicincang.

Tips Mengupas Udang dengan Mudah :
  1. Udang dipegang dengan ibu jari dan jari telunjuk, posisikan kepala udang ada diatas dan kaki mengarah ke bawah.
  2. Bagian pinggir kepala udang dipegang dengan ibu jari dan telunjuk tangan kanan.
  3. Kemudian lepas kepala udang dengan gerakan mematahkan ke arah bawah. Lakukan sampai berulang kali sampai kepala udang berhasil terlepas dan kemudian buang.
  4. Kaki udang yang masih tersisa dibuang supaya udang tersebut tidak menempel pada kulit.
  5. Lalu tarik tubuh udang dari kulitnya dengan cara memegang bagian bawah buntut udang dengan ibu jari dan jari telunjuk lalu tarik tubuh udang menggunakan tangan kanan dengan ibu jari dan telunjuk.

Resep udang saus lemon sudah selesai dibagikan di Sarah Quin. Jelas kan bunda sekarang bagaimana cara membuatnya? Tinggal mencoba membuatnya di rumah dengan bahan dan cara mengolah yang sudah disebutkan diatas. Dalam mengupas kulit udang, bunda bisa menggunakan tips yang sudah saya paparkan diatas, supaya tidak mengalami kesulitan dan memakan banyak waktu. Yukk cuss langsung ke pasar belanja bahan yang diperlukan.


Resep Cara Membuat Udang Saus Lemon Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown