Tempat Resep Masakan

Senin, 29 September 2014

Resep Cara Membuat Dendeng Balado

Dendeng Balado merupakan masakan yang berasal dari daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, serta dibumbui dengan bumbu balado. Kemudian cara membuat dendeng balado ini dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasil dari resep dendeng balado ini adalah contoh makanan yang diawetkan, sehingga bagi bunda yang mencoba membuatnya tak pelru khawatir karena masakan ini akan bertahan lama.

Dendeng Balado

Dalam membuat dendeng ini biasanya menggunakan satu jenis daging, misalnya daging sapi. Namun bunda juga bisa memilih alternatif daging lainnya seperti daging kambing atau lainnya. Oh ya resep dendeng balado ini cocok sekali disajikan bersama nasi, apalagi jika masih hangat. Pasti akan lebih menambah citarasa yang ada. Supaya bunda tidak mengalami kesulitan berikut ini saya akan membagikan resep cara membuat dendeng balado.

Resep Membuat Dendeng Balado

Bahan:
  • Daging Sapi 1 kg, pilih yang masih segar
  • Jeruk Nipis 2 buah, diambil airnya
  • Garam 2 sendok teh
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Cabe Merah 200 gram
  • Bawang Merah 20 butir
  • Bawang Putih 6 siung
  • Tomat merah segar 2 buah

Cara Membuat Dendeng Balado

  1. Pertama daging sapi yang masih segar dibersihkan dari urat-urat dan lemak-lemaknya setelah itu potong tipis agak lebar megikuti arah serat daging.
  2. Campurkan air jeruk nipis, garam, serta bawang putih yang dihaluskan, lalu remas-remas daging sapi didalamnya.
  3. Setelah rata diremas-remas kemudian jemur daging sapi dibawah sinat matahari sampai benar-benar kering.
  4. Setelah itu potong daging yang sudah kering dengan ukuran 6x6 cm lalu goreng sampai teksturnya kering. Lalu angkat dan sisihkan.
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat bumbunya, dengan cara menumbuk halus cabe merah, bawang merah, garam, tomat, tumbuk sampai halus.
  6. Lalu tumis semua bumbu yang dihaluskan tersebut sampai baunya harum.
  7. Jika baunya sudah harum kemudian masukkan daging sapi yang selesai dijemur tadi lalu aduk hingga tercampur rata.
  8. Jika sudah tercampur rata angkat kemudian sajikan.

Yah mudah bukan untuk membuat resep cara membuat dendeng balado ini.. Saya yakin resep kali ini bakalan menggugah selera bunda dan keluarga untuk segera mencobanya. Bisa juga liat resep daging sapi lainnya di Sarah Quin karena banyak sekali resep daging sapi lainnya yang patut buat bunda cobain. Seperti Resep Cara Membuat Krengsengan Daging Sapi yang banyak diburu oleh pecinta daging sapi.

Resep Cara Membuat Dendeng Balado Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown