Tempat Resep Masakan

Senin, 15 September 2014

Resep Cara Membuat Sop Kikil Kacang Merah

Resep Cara Membuat Sop Kikil Kacang Merah - Sop kikil kacang merah merupakan jenis sayur dengan kuah bening yang didalamnya terdapat aneka macam sayuran layaknya sayur sop baisa, hanya saja perbedaannya pada sop kikil kacang merah ini ada sedikit bahan tambahan kikil dan kacang merah. Sehingga akan terasa berbeda dengan lainnya. Resep kali ini hampir sama dengan Resep Sup Iga Sapi Kacang Merah, hanya sedikit perbedaannya yaitu pada iga sapi sebagai bahan yang digunakan dan kali ini kita nanti akan menggunakan kikil sebagai bahan campurannya.

Sop Kikil Kacang Merah

Untuk lebih jelasnya mengenai sop kikil kacang merah ini, saya akan berbagi bahan dan cara membuatnya dibawah ini nanti. Karena bahan yang digunakan saya yakin nggak sulit untuk ditemui disekitar bunda, apalagi cara membuatnya, bagi anda pemula pun saya yakin bisa. Oh ya kacang merah yang ada dalam sayur sop ini juga bermanfaat sekali bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda dan keluarga. Salah satunya menjaga gula darah di dalam tubuh dan tentunya banyak mengandung vitamin.

Resep Membuat Sop Kikil Kacang Merah

Bahan:
  • Kacang Merah 500 gram
  • Kikil 500 gram
  • Kaldu Daging 1500 cc
  • Bawang Putih 6 siung, tumbuk halus
  • Merica Bubuk 1 sendok teh
  • Daun Bawang 2 batang, potong lembut
  • Daun Seledri 2 batang, potong lembut
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sop Kikil Kacang Merah

  1. Siapkan air dalam panci untuk merebus kacang merah sampai setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya rebus juga kikil hingga empuk, lalu angkat dan tiriskan. Silahkan potong sesuai selera.
  3. Rebus kaldu diatas kompor dengan api kecil sampai mendidih, lalu masukkan bawang putih, merica, daun bawang, serta seledri. Lalu tambahkan sebagian kacang merahnya dan didihkan kembali sekitar 1/2 jam, sekiranya hingga kacang menjadi lunak.
  4. Jangan lupa tambahkan garam dan meirca bubuk secukupnya, jangan lupa cicipi rasanya sudah pas atau masih ada yang kurang.
  5. Masukkan sisa kacang merah dan kikil tunggu hingga mendidih lagi lalu matikan api.Angkat dan sajikan dalam mangkok.

Resep cara membuat sop kikil kacang merah sudah siap dihidangkan.. Bisa langsung dipraktekkin di rumah deh bunda biar nggak penasaran lagi. Nikmat banget disajikan selagi masih hangat bun, baik dengan atau tanpa nasi, semuanya cocok. Kuahnya yang segar juga akan membuat pikiran menjadi nyaman ketika menyantapnya. Pokonya wajib deh cobain resep di Sarah Quin kali ini karena selain enak juga menyehatkan.


Resep Cara Membuat Sop Kikil Kacang Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown