Tempat Resep Masakan

Minggu, 30 November 2014

Cara Membuat Ikan Bawal Bumbu Balado

Cara Membuat Ikan Bawal Bumbu Balado - Pasti nggak asing lagi kan bun dengan ikan bawal? yah, kalo bunda di rumah punya ikan bawal yang masih tersimpan di dalam kulkas nggak perlu bingung-bingung lagi cara mengolahnya. Buna bisa mengolah ikan bawal dengan bumbu balado yang sedap dan nikmat. Rasa gurih yang ada pada ikan bawal itu sendiri akan terasa lengkap jika dipadukan dengan bumbu balado.


Bahan yang digunakan untuk membuat ikan bawal bumbu balado ini nggak rumit kok, bisa dibilang cukup simple. Apalagi cara mengolahnya yang sama seperti ikan pada umumnya. Rasa amis dari ikan itu sendiri akan hilang karena bumbu yang digunakan salah satunya menggunakan daun jeruk, sehingga aroma dari daun jeruk itu sendiri pun akan menambah citarasa tersendiri dan lebih segar. Jika bunda ingin menambahkan perasan jeruk nipis pun bisa supaya terasa lebih segar.

Resep Membuat Ikan Bawal Balado

Bahan:
  • Ikan bawal 2 ekor, diberi perasan jeruk nipis
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 1 lembar
  • Tomat 1 buah, potong besar
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Cabe merah 5 buah
  • bawang merah 3 buah dihaluskan

Cara Membuat Ikan Bawal Bumbu Balado

  1. Pertama ikan bawal yang sudah dibersihkan digoreng menggunakan minyak yang panas, goreng sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan matang kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Setelah itu tumis cabe, bawang merah yang dihaluskan, daun salam, daun jeruk, aduk semuanya hingga aromanya harum.
  3. Setelah itu masukkan potongan tomat, masak dalam api kecil, aduk sampai tomat matang dan tercampur rata dengan bumbu tadi.
  4. Setelah itu masukkan ikannya, lalu tambahkan garam, gula, perasan jeruk nipis, kemudian aduk kembali.
  5. Masak sampai bumbu meresap kedalam ikan.
  6. Jangan lupa cicipi, jika rasanya sudah pas angkat kemudian sajikan.

Baca juga:
Resep Cara Membuat Mangut Manyung Khas Jawa Tengah
Resep Cara Membuat Gulai Ikan Tongkol

Ikan bawal bumbu balado siap untuk disajikan.. Mudah kan bunda cara membuatnya? Bahan yang digunakan saya yakin mudah untuk bunda jumpai di pasar atau pedagang sayur keliling biasanya. Kalau saya suka menyajikan bawal bumbu balado ketika di rumah sedang ada kerabat atau keluarga yang berkunjung, dan hasilnya mereka ketagihan untuk mencobanya, dan tak jarang pula ada yang meminta resepnya. hehe

Cara Membuat Ikan Bawal Bumbu Balado Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown