Tempat Resep Masakan

Minggu, 30 November 2014

Resep Bir Pletok Betawi

Resep Bir Pletok Betawi - Bir pletok adalah jenis minuman khas yang berasal dari betawi. Resep bir pletok terbuat dari beberapa bahan yang berasal dari rempah-rempah yang bisa menyegarkan tenggorokan sekaligus menghangatkan badan. Seperti jahe, daun pandan wangi, serta serai. Bir pletok bisa dikatakan sebagai minuman tradisional yang sudah ada sejak ada dari dulu sampai sekarang, dan biasanya disajikan ketika malam hari sebagai penghangat tubuh.


Ketika musim hujan seperti ini saya rasa sangat cocok sekali untuk menikmati bir pletok, karena ketika cuaca dingin dengan meminum bir pletok ini tubuh akan terasa hangat. Terutama dari jahe yang ada didalamnya. Jahe yang terkandung didalamnya juga mempunyai beberapa khasiat bagi tubuh diantaranya mampu meredakan nyeri lambung dan memulihkan radang sendi. Jadi cocok sekali bagi anda semua yang mempunyai masalah dengan persendian untuk mengkonsumsi bir pletok ini.

Resep Membuat Bir Pletok

Bahan:
  • Air 1/2 liter
  • Jahe tua 250 gram
  • Gula pasir 300 gram
  • Kayu secang 15 gram
  • Serai 1 batang, ambil bagian putihnya, dimemarkan
  • Daun pandan 1 1/2 lembar, disobek-sobek
  • Kayu manis 1/2 batang
  • Merica hitam 1/2 sendok makan

Cara Membuat Bir Pletok

  1. Langkah pertama jahe dibakar kemudian dimemarkan kemudian masak dalam panci bersama dengan bahan yang tersisa lainnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih dan aromanya harum.
  2. Setelah itu kecilkan api kemudian tunggu sampai mendidih dan warnanya berubah menjadi merah, serta airnya berkurang menjadi setengah kemudian matikan api lalu saring dan diamkan sampai hangat.
Coban juga resep minuman betawi yang satu ini:
 
Bir pletok siap untuk disajikan.. Simple banget kan bunda? Lumayan buat ngobati kedinginan tubuh ketika cuaca dingin seperti ini. Namun kalau bunda dan keluarga dirumah suka dengan minuman dingin yang segar, bir pletok ini juga bisa disajikan dalam keadaan dingin bun. Caranya ketika bir pletok sudah didiamkan dan hangat selnajutnya dimasukkan dalam lemari es. Kemudian diblender sampai berbusa. Jadi bisa disajikan dalam berbagai keadaan suasana.

Resep Bir Pletok Betawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown