Tempat Resep Masakan

Selasa, 18 November 2014

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang - Kue kembang goyang adalah kue kering atau bisa dibilang camilan yang akan kita bicarakan pada hari ini. Pada mulanya kue kembang goyang ini merupakan kue tradisional yang berasal dari betawi yang disuguhkan ketika ada acara acara penting seperti hari raya Idul Fitri atau ketika sedanng ada khajatan. Kue kemabang goyang ini juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat nusantara, tidak hanya oleh masyarakat betawi.


Dinamakan kembang goyang karena ketika akan digoreng cetakan kue ini digoyang-goyang diatas minyak panas supaya adonannya dengan mudah terlepas ketika akan digoreng. Kue kambang goyang ini dibuat dengan bahan tepung beras, dan juga bisa ditambahkan dengan berbagai macam essens kok bun, sehingga yang menikmati tidak akan pernah bosan jika dibuat dalam berbagai macam varian rasa. Rasa renyah, gurih, dan manisnya yang pas membuat kembang goyang ini juag dijadikan sebagai camilan sehari-hari.

Resep Membuat Kue Kembang Goyang

Bahan:
  • Tepung beras 400 gram
  • Gula pasir halus 130 gram
  • Telur 4 butir
  • Garam 3 sendok teh
  • Santan 500 ml
  • Wijen 4 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

  1. Siapkan wadah atau baskom untuk membuat adonan. Pertama campurkan tepung beras, gula pasir, garam, dan juga wijen. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  2. Setelah itu masukkan telur dan juga santan lalu aduk lagi supaya rata.
  3. Selanjutnya siapkan cetakan kembang goyang kemudian panaskan dalam minyak goreng, jika sudah panas kemudian celupkan dalam adonan yang dibuat tadi, lalu masukkan dalam minyak gorneg supaya adonan dengan mudah terlepas dari cetakan.
  4. Setelah itu jika adonan sudah terlepas dari cetakan tinggal digoreng sampai matang atau sampai berwran kuning keemasan dan kering.
  5. Jika sudah kering dan cukup renyah angkat kemudian tiriskan dan tunggu sampai dingin.
  6. Jika sudah dingin kemudian masukkan dalam stoples dan tata rapi supaya tetep renyah sampai berhari-hari.
Nah itu dia resep membiat kembang goyang yang sudah saya bagikan.. Cukup simple kan bun cara membuatnya? Meskipun kembang goyang ini banyak dijual di luaran sana, tidak ada salahnya jika bunda membuatnya di rumah karena suami dan anak-anak akan lebih suka dengan makanan hasil buatan bunda sendiri, tentunya lebih menjamin kebersihan dalam mengolah yang bisa berdampak pada kesehatan keluarga anda. Kalo bunda pengen cobain kue dengan tekstur sediit agak kasar dan renyah bisa liat Resep Cara Membuat Kue Rangin yang ada di Sarah Quin, selamat mencoba ya bunda.

Resep Cara Membuat Kue Kembang Goyang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown