Tempat Resep Masakan

Rabu, 24 Desember 2014

Resep Pepes Ikan Kembung Mangga Muda Gurih

Resep Pepes Ikan Kembung Mangga Muda Gurih - Saya yakin pasti bunda nggak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini, yah ikan kembung kali ini akan kita sulap menjadi masakan yang nikmat bun, yaitu pepes ikan kembung namun diberi campuran mangga muda, sehingga terasa lebih segar dan gurih. Pepes ikan kembung ini banyak juga kita jumpai di restorant-restorant yang menyediakan aneka macam jenis olahan ikan.


Namun jika bunda masih menyesuaikan dengan kantong jika ingin menikmati pepes ikan kembung ini di restorant, maka saya sarankan agar bunda membuatnya sendiri di rumah. Karena bunda bisa lebih hemat di kantong dan tentunya rasa bisa menyesuaikan dengan lidah bunda dan keluarga. Cara membuatnya gampang banget kok bun, hampir sama dengan pepes ikan pada umumnya, apalagi dibawah ini saya juga akan memaparkan kepada bunda semua bagaimana cara mengolahnya supaya lebih memudahkan bunda semua.

Resep Pepes Ikan Kembung Mangga Muda

Bahan:
Ikan kembing 3 ekor, bersihkan
Jeruk nipis 1 buah, ambil airnya
Garam 1/2 sendok teh
Daun kemangi 1/2 ikat, petiki daunnya
Daun pisang untuk membungkus secukupnya
Lidi untuk menyemat

Bahan campuran mangga:
Daging mangga muda 225 gram, potong tipis
Bawang merah 4 butir, cincang halus
Bawang putih 3 siung, cincang halus
Cabe rawit merah 5 buah, cincang halus
Garam 1/2 sendok teh
Merica 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh

Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Mangga Muda

  1. Pertama bersihkan ikan kembung, lalu kerat bagian permukaannya kemudian lumuri dengan air jeruk serta garam. Diamkan kurang lebih sekitar 1/4 jam kemudian sisihkan.
  2. Setelah itu campurkan semua bahan campuran mangga lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Setelah itu bagi campuran mangga tersebut menjadi tiga bagian yang arta.
  4. Ambil selembar daun pisang kemudian letakkan ikan diatasnya lalu beri dengan campuran mangga satu bagian lalu bungkus dan sematkan kedua ujungnya menggunakan lidi.
  5. Lakukan sampai semua ikan selesai dibungkus dengan daun pisang.
  6. Setelah itu kukus dalam dandang panas kurang lebih sekitar 1/2 jam atau sampai matang. Jika sudah matang angkat kemudian sajikan.
Cobain resep pepes ikan yang nggak kalah mantebnya bun:

Pepes ikan kembung mangga muda siap untuk disantap nih bunda.. Campuran mangganya yang sedikit agak asam akan menambah citarasa yang ada pada pepes ikan ini. Apalagi mangganya masih muda, hmmm makin nikmat deh bun pokonya. Biar nggak penasaran langsung aja cuss ke pasar belanja semua bahannya dan langsung mengolahnya di dapur. Selamat mencoba bundaa.

Resep Pepes Ikan Kembung Mangga Muda Gurih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown