Tempat Resep Masakan

Minggu, 18 Januari 2015

Cara Membuat Awug-Awug Sagu

Cara Membuat Awug-Awug Sagu - Camilan memang menjadi salah satu makanan yang dicari ketika santai, mungkin sedangmeonton televisi, atau hanya duduk di teras rumah. Kali ini ada satu camilan tradisional yang akan saya bagikan kepada bunda semua, ya namanya awug-awug sagu. Pasti sedikit agak aneh ya bun mendengarnya? Awug-awug sagu lebih dikenal di daerah Jawa khususnya, dan camilan jenis ini banyak sekali dijual di pasar yang menyediakan aneka camilan tradisional.


Bagi bunda yang berada di luar daerah Jawa nggak usah khawatir bakalan ketinggalan untuk cicipin, karena bisa dibikin sendiri di rumah. Bahan utamanya sagu yang mudah dijumpai dimanapun. Biar nggak bingung dan mudah untuk menyajikannya, berikut tahapan-tahapan dalam awug-awug sagu.

Resep Membuat Awug-Awug Sagu

Bahan:
  • Sagu Mutiara 400 gram
  • Kelapa muda 500 gram, diparut kasar
  • Gula pasir 200 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanilli 1 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya
  • Air 3 liter

Cara Membuat Awug-Awug Sagu

  1. Pertama air direbus sampai mendidih kemudian masukkan sagu mutiara dan masak sampai matang kemudian angkat dan tiriskan. Setelah ditiriskan siram dengan air es agar tidak lengket.
  2. Setelah itu siapkan wadah kemudian campurkan semua bahan yag sudah disebutkan diatas, lalu aduk sampai benar-benar rata semua bahannya.
  3. Setelah semuanya rata, siapkan selembar daun pisang kemudian ambil sekitar dua sendok makan adonan kemudian bentuk segi tiga dan semat daun pisang dengan lidi.
  4. Lakukan sampai semua adonan habis.
  5. Setelah semua adonan selesai dibungkus kukus dalam dandang kurang lebih sekitar setengah jam.
  6. Kukus sampai matang, jika sudah matang bisa diangkat dan disajikan.
Coba juga resep dibawah ini:

Cukup sederhana kan bun untuk menyajikan camilan tradisional ini sendiri di rumah? Cukup menggunakan bahan yang sederhana dan tahapan membuatnya juga mudah untuk dicoba. Yukk langsung belanja bahannya aja yaa bun, abis itu langsung cuuss ngebuat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Cara Membuat Awug-Awug Sagu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown