Tempat Resep Masakan

Senin, 20 April 2015

Resep Membuat Bakpao Ubi Ungu Cantik

Resep Membuat Bakpao Ubi Ungu Cantik - Bakpao adalah salah satu jajanan atau camilan yang disukai oleh semua kalangan usia. Rasanya yang enak, mengenyangkan, dan teksturnya yang lembut terasa pecah di mulut ketika dimakan. Bakpao bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam varian isi bunda seperti coklat, strawberry, blueberry, dan juga parutan kelapa. Namun kali ini yang akan kita gunakan sebagai bahan isian bakpao adalah parutan kelapa.


Oh ya kalau bakpao biasanya berwarna putih bersih maka berbeda dengan resep bakpao kali ini. Bakpao yang akan saya bagikan resepnya ini berwarna ungu karena salah satu bahan dasar dalam membuatnya terdapat ubi ungu, sehingga tampilannya lebih cantik dengan warna yang berbeda. Cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan bakpao pada umumnya kok bun, hanya saja bunda bisa memanfaatkan salah satu jenis umbi-umbian yaitu ubi ungu kedalam bakpao buatan bunda yang mana banyak sekali mengandung gizi, pastinya sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Resep Bakpao Ubi Ungu

Bahan:
  • Terigu 1/2 kg
  • Ubi ungu 4 buah ukuran sedang, kukus lalu haluskan
  • Fermipan 2 sendok makan
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Susu kental manis 2 sachet
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Vanilli 2 sachet kecil
  • Mentega 4 sendok makan
  • Air hangat 300 ml
Bahan Isi:
  • Kelapa parut 200 gram dimasak bersama 200 gram gula merah

Cara Membuat Bakpao Ubi Ungu

  1. Pertama campurkan semua bahan bakpao lalu tambahkan air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diuleni hingga kalis.
  2. Supaya bisa kalis dan lentur bisa dengan dibanting-banting bun adonannya.
  3. Setelah itu diamkan adonan dalam baskom dan tutup menggunakan kain serbet sekitar 60 menit.
  4. Jika adonan sudah mengembang, ambil sedikit adonan di tangan (agar tidak menempel di tangan, tangan olesi dulu dengan tepung terigu) kemudian bentuk dan beri bahan isian didalamnya.
  5. Lakukan sampai adoanan habis.
  6. Jika semua adonan selesai dibentuk letakkan diatas kertas roti, diamkan sekitar 1/2 jam kemudian kukus sekitar 1/4 jam, jangan lupa tutup panci dibungkus denga kain atau serbet.
Ingin resep bakpao yang empuk? Coba Resep Cara Membuat Bakpao Empuk

Bakpao ubi ungu sudah siap untuk dihidangkan, akan terasa lebih nikmat kalau disajikan selagi masih hangat bunda. Dengan secangkir teh atau susu yang hangat terasa lebih nyeess untuk menemani santai di kala sore hari.

Resep Membuat Bakpao Ubi Ungu Cantik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown