Tempat Resep Masakan

Selasa, 26 Mei 2015

Resep Kolak Labu Kuning Praktis dan Manis

Resep Kolak Labu Kuning Praktis dan Manis - Masih punya sisa labu kuning dirumah? Eits tunggu dulu bunda jangan dibuang ya, karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi resep terbaru dari Sarah Quin yaitu kolak labu kuning yang praktis dan rasa yang manis. Seperti yang kita ketahui bahwa jenis sayur yang akan kita jadikan bahan utama dalam membuat kolak ini memiliki rasa yang manis. Sehingga akan terasa sangat pas jika diolah menjadi kolak yang segar.

Resep Kolak Labu Kuning Praktis dan Manis

Selain rasa manis yang dikandung labu kuning, banyak sekali kandungan gizi yang terdapat pada sayuran ini. Menurut penelitian, labu kuning memiliki kandungan rendah kalori serta diperkaya dengan vitamin A, antioksidan, dan juga karoten. Meskipun didalam labu kuning mengandung kalori yang rendah gula, meskipun demikian tetap memberikan manfaat bagi tubuh kita dengan memberi pasokan energi dalam tubuh. Jadi bisa membantu aktivitas bunda dan keluarga setiap harinya.

Kolak labu kuning ini bisa bunda sajikan dalam berbagai macam versi bun. Maksutnya bisa saja disajikan dalam kedaan dingin yakni dengan es batu ataupun disajikan dalam kedaan hangat. Jadi kondisional saja bunda, tergantung mood dan selera. Kalau saya pribadi sih lebih suka dikasih es batu bunda, karena lebih seger apalagi kalau siang hari cuaca diluar terik. Untuk menambah daftar olahan bunda dirumah, berikut langsung saya bagi resep kolak labu kuning.

Resep Kolak Labu Kuning

Bahan:
  • Labu kuning ukuran sedang 1/2 buah
  • Santan kara 1/2 bungkus
  • Gula merah 125 gram, iris halus
  • Air 750 ml

Cara Membuat Kolak Labu Kuning

  1. Potong labu kuning menjadi beberapa bagian tergantung selera tanpa perlu dikupas kulitnya tapi hanya bersihkan saja dari bijinya.
  2. Kemudian cuci hingga bersih.
  3. Setelah itu rebus air sampai mendidih.
  4. Masukkan potongan labu, gula merah dan masak hingga setengah matang.
  5. Setelah agak matang, tambahkan santan dan sesekali diaduk kemudian kecilkan apinya.
  6. Masak sampai labu agak empuk, biasanya sih sekitar seperempat jam bun.
  7. Jika sudah matang dan manisnya pas angkat kemudian sajikan.
Coba juga jenis kolak yang lainnya bunda:
 
 

Kolak labu kuning banyak menjadi pilihan para bunda untuk disajikan ketika sedang santai. Oh ya berhubung sebentar lagi bulan nan suci Ramadhan tiba, kolak labu kuning ini bisa menjadi salah satu menu alternatif yang bunda sajikan ketika berbuka puasa. Rasa yang manis dari labu kuning dan kuahnya akan mengembalikan energi bunda dan keluarga setelah berpuasa seharian penuh. 

Resep Kolak Labu Kuning Praktis dan Manis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown