Tempat Resep Masakan

Minggu, 01 Juni 2014

Resep Cara Membuat Sayur Asam Nikmat

Resep Cara Membuat Sayur Asam Nikmat - Sudah tidak asing lagi ditelinga kita mendengar jenis sayur yang rasanya becampur rasa asam. Yah, betul sekali ini dia sayur asam. Sayur asam merupakan salah satu satu jenis masakan nusantara yang memiliki khas tersendiri dengan rasa asam dari daun mlinjo namun nikmat. Sayur ini cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan, tua, muda, maupun anak-anak. Selain rasanya yang nikmat, di dalam sayur asam terdapat banyak jenis sayuran yang menagndung vitamin bagi tubuh kita. Nah, enak kan? Selain dapat menikmati lezatnya resep sayur asam, kita juga tetap bisa menjaga tubuh kita agar tetap sehat dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup. Cara membuat sayur ini pun tidak begitu ribet kok. Bahan-bahan yang digunakan juga pastinya tersedia di pasar terdekat di daerah anda. So, nggak usah khawatir kalo akan kesulitan dalam hal cara membuat sayur asam.

Resep Sayur Asam

Eh, tapi tunggu dulu. Dalam memasak kita juga harus memperhatikan waktu lamanya memasak lho. Karena tubuh akan sulit mencerna jika makanan tersebut dimasak terlalu lama. Asupan gizi dalam makanan juga akan hilang. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa peristiwa yang terjadi pada makanan yang dimasak terlalu lama, yaitu hilangnya asam amino esensial dalam tubuh sehingga tubuh akan lebih sulit untuk mencerna, dan pada akhirnya akan terbentuk semacam senyawa yang beracun dan tidak bergizi bagi tubuh. Nah, sudah tau kan alasannya.. Jadi perhatikan betul dalam memasak sayur ini agar selain kita bisa menikmati resep sayur asam kita juga bisa merasakan gizi yang ada dalam sayuran tersebut. Selain nikmat tubuh pun menjadi sehat. Oh ya cobain juga resep sayur bayam ya biar makin sehat.

Resep Sayur Asam

Bahan:
  • 4 lembar Daun Salam
  • Garam, secukupnya
  • Penyedap Rasa, secukupnya
  • 4 sendok makan Gula Merah
  • 2 sendok teh Terasi
  • 10 buah Cabe Merah
  • 10 siung Bawang Merah
  • 6 siung Bawang Putih
  • 4 biji Asam
  • 1 kg Labu Siam
  • 3 liter Air Bersih
  • 4 ikat Daun Mlinjo
  • 2 ikat Kacang Panjang
  • 8 buah Jagung Manis

Cara Memasak Sayur Asam

Potong jagung manis menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera yang diinginkan. Kemudian kupas labu siam dan potong kecil-kecil berbentuk kotak. Tidak ketinggalan juga kacang panjang yang dipotong kecil-kecil seukuran setengah jari. Setelah semua sayuran selesai dipotong cuci hingga bersih, kemudian tiriskan. Setelah itu bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula merah, garam, terasi dan penyedap rasa ditumbuk hingga halus. Setelah semua bumbu dihaluskan, siapkan panci yang sudah diisi air kemudian rebus diatas kompor. Tunggu beberapa saat sampai air mendidih. Setelah air mendidih masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam panci beserta dengan kacang panjang dan jagung manis yang sudah dipotong tadi, karena kedua bahan tersebut yang matangnya agak lama. Diamkan sampai sekitar 15 menit kemudian masukkan labu siam dan daun melinjo. Tunggu kembali sampai semua bahan matang dan siap untuk dihidangkan.

Gimana? Mudah bukan dalam memasak resep sayur asam? Sayur ini akan lebih nikmat jika dihidangkan dengan aneka gorengan yang lain. Ada sedikit tips nih buat kalian-kalian yang lagi gemar-gemarnya memasak sayuran. Pilih sayuran yang sekiranya masih fresh ya, nggak perlu kok kalian jauh-jauh beli di supermarket yang mahal. Kalian bisa temuin bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar terdekat. Namun memang kita yang harus pintar untuk memilih, dan disamping itu juga harganya yang jauh lebih terjangkau. Jika para bunda menginginkan sayur yang kental cobain resep lontong sayur. Makyus pokoknya.

Resep Cara Membuat Sayur Asam Nikmat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown