Tempat Resep Masakan

Kamis, 10 Juli 2014

Resep Lumpia Semarang Isi Rebung

Resep Lumpia Semarang Isi Rebung - Pasti kalian sering sekali menjumpai yang namanya lumpia semarang. Nah saat pergi ke Semarang, saya menjumpai lumpia semarang isi rebung, awalnya penasaran dan agak sedikit ragu akan rasanya. Karena rebung jika tidak dimasak dengan benar maka akan menjadi pahit. Setelah saya mencicipinya,em...rasanya gak seburuk yang saya bayangkan. Malahan enak.. Gak rugi dech beli lumpia semarang isi rebung. Namun lumpia yang lebih sering saya jumpai adalah lumpia isi sayuran atau daging. Bagi yang belum pernah mencoba lumpia semarang silahkan membuatnya sendiri di rumah.

Lumpia Semarang Isi Rebung

Resep Lumpia Semarang Isi Rebung
Sekali mencicipi langsung ketagihan, karena saya tidak selalu pergi ke Semarang akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuatnnya sendiri. Agar tidak repot-repot membuat kulit lumpia saya lebih memilih membeli kulit lumpia yang sudah jadi di pasar tradisional. Selain disana sudah tersedia kulit lumpia ternyata ada juga rebungnya. Tinggal dipilih rebung yang sudah d cacah atau yang masih utuhan. Tapi karena saya tidak mau repot ya saya pilih yang sudah dicacah, jadi tinggal dimasak saja. Langsung lihat yuk resep lumpia semarang yang mudah ini.

Resep Lumpia Semarang

Bahan:
  • 20 kulit lumpia
Bahan Isi:
  • 3 siung bawang merah dan bawang putih (cincang kasar)
  • 100 gram daging ayam (cincang halus)
  • 150 gram rebung
  • 100 gram tauge
  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • 1 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 batang daun bawng (iris harus)
  • 100 ml air
  • 2 sdm mentega untuk menumis

Cara Membuat Lumpia Semarang

  1.  Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Tambahkan ayam, tunggu sampai berubah warna dan tiriskan
  2. Masukkan rebung dan tauge tumis sampai sedikit layu, tambahkan garam, kecap manis, kecap asin, merica, kaldu bubuk, dan gula. Aduk sampai merata dan tambahkan air. Tunggu sampai air menyusut
  3. Ambil selembar kulit lumpia, beri isi ditengah-tengah kemudian libat bagian pinggirnya dan rekatkan dnegan putih telur
  4. Goreng lumpia pada minyak yang sudah panas. Goreng sampai matang
Coba juga:
Seperti yang telah saya jelaskan didepan tadi bahwa beberapa olahan rebung akan menjadi pahit jika salah dalam proses mengolahnya. Ada dua cara untuk membuat rebung menjadi tidak pahit dan empuk, berikut tipsnya. Yang pertama kalian dapat merendam rebung selama 2 malam dengan air garam, kemudian cuci dan rebus. Yang kedua dengan cara merebusnya 2-3 kali, dengan air gula (2 sdm) yang berbeda. Masukkan irisan rebung dalam keadaan air sudah mendidih. Jadi mulai sekarang jangan takut pahit saat mengolah rebung ya. Selamat mencoba resep lumpia semarang.

Resep Lumpia Semarang Isi Rebung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown