Tempat Resep Masakan

Rabu, 22 Oktober 2014

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng - Nasi kuning tumpeng adalah merupakan sajian yang tidak pernah ketinggalan ketika ulang tahu, peresmian suatu acara atau tempat, maupun acara lainnya. Nasi dengan warna kuning dan berentuk kerucut ini biasanya disajikan dengan aneka tumisan dipinggirnya, atau juga ditambahkan daging ayam. Warna kuning yang ada pada nasi kuning tumpeng ini karena adanya kunyit yang ditambahkan ketika memasak nasi.

Nasi Kuning Tumpeng

Untuk memperoleh nasi kuning tumpeng ini biasanya orang yang membutuhkan tinggal pesan kepada tempat yang biasanya menyediakannya. Nah, jika sebentar lagi anak anda atau saudara maupun kerabat yang mau ulang tahun, bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan caranya nggak begitu sulit kok bun, nggak seperti membuat Resep Cara Membuat Nasi Briyani Kambing Khas Arab yang memang sedikit membutuhkan bahan yang banyak dan ketelatenan.

Resep Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Bahan:
  • Beras ketan direndam semalam 200 gram
  • Beras biasa 2 liter
  • Santan kelapa 1,5 liter
  • Air bersih 200 ml

Bumbu:
  • Daun Salam 4 lembar
  • Daun Jeruk 6 lembar
  • Kunyit 2 ruas jari
  • Serai 2 batang
  • Air jeruk nipis 2 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

  1. Cuci beras biasa sampai bersih kemudian tiriskan.
  2. Beras ketan yang sudah direndam selama semalam ditiriskan.
  3. Selanjutnya batang serai dimemarkan, dan juga daun jeruk diremas-remas sampai baunya keluar.
  4. Setelah itu kunyit diparut kemudian dicampur dengan air matang, dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu saring menggunakan air supaya terpisah dari ampas kunyit, dan ambil air perasannya saja.
  5. Selanjutnya siapkan wajna kemudian tuang santan didalamnya bersama dnegan daun jeruk, serai, air perasan kunyit dan juga garam. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  6. Setelah tercampur rata kemudian masukkan beras, lalu rebus santan dan beras sambil tetap diaduk.
  7. Rebus sampai santan agak mengering, namun usahakan jangan sampai terlelu kering.
  8. Selanjutnya jika santan agak mengering angkat beras dari wajan.
  9. Setelah itu didihkan air dalam panci pengukus kemudian kukus beras kurang lebih sekitar 1/2 jam, lalu angkat.
  10. Jika nasi sudah matang, letakkan nasi pada tempat nasi dan sambil diaduk supaya asapnya berkurang.
  11. Setelah itu siapkan kerucut nasi yang sudah dibasahi dengan air dalamnya supaya nasi tidak menempel.
  12. Tuang nasi kedalam kerucut terebut dengan perlahan, sampai seluruh bagian kerucut terisi pernuh sambil ditekan perlahan.
  13. Setelah itu siapkan loyang hais, kemudian balikkan kerucut diatas loyang. Angkat kerucut perlahan sampai nasi terlepas.
  14. Jika nasi kuning sudah berhasil terlepas dan hasilnya bagus, tinggal ditambahkan dengan aneka macam lauk atau tumisan.

Nggak sulit kan bun? Hanya butuh kesabaran saja untuk menyajikannya. Selain rasanya gurih, nai kuning tumpeng ini juga memiliki aroma yang sedap. Pasti anak-anak akan suka dengan warnanya yang kuning dan bentuknya kerucut. Sebagai salah satu lauk atau tumisan yang bisa bunda sajikan adalah Resep Cara Membuat Tumis Pepaya Muda Enak yang ada di Sarah Quin, bumbunya yang kerasa sampai didalam dan pepaya muda yang masih empuk akan lebih menambah nikmatnya nasi kuning tumpeng ini.

Resep Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown